Letusan Merapi pada Jumat malam merupakan pelepasan gas

Sabtu, 02 Juni 2018 | 10:00 WIB Sumber: Kompas.com
Letusan Merapi pada Jumat malam merupakan pelepasan gas


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Gunung Merapi pada Jumat (1/6) kembali meletus pukul 20.24 WIB dan 21.00 WIB. Dua letusan yang terjadi dalam selang waktu yang tidak lama ini merupakan pelepasan gas.

"Dua letusan ini (pukul 20.24 WIB dan 21.00 WIB) hanya merupakan pelepasan gas dari magma. Ini menunjukan produksi gas dari dalam masih terus terjadi," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida, Jumat (01/6).

Dua letusan Merapi yang terjadi dalam kurun waktu cukup dekat ini merupakan yang ketiga kalinya dalam satu hari. Letusan pertama terjadi pagi hari pukul 08.20 WIB, dengan tinggi kolom 6.000 meter.

Hanik menuturkan, dari hasil pengamatan tidak terlihat adanya perubahan morfologi di puncak Gunung Merapi. Namun demikian, ada kemungkinan letusan-letusan serupa masih akan terjadi.

"Status masih Waspada, anjuran ke masyarakat jarak 3 km dari puncak Gunung Merapi steril dari aktivitas. Masyarakat yang beraktivitas di luar diimbau menggunakan masker," ujarnya.

Seperti diberitakan, pada 1 Juni 2018 pukul 20.24 WIB, Gunung Merapi meletus dengan durasi 1,5 menit mengarah ke Timur Laut. Tinggi kolom mencapai 2.500 Meter dari puncak. Amplitudo maksimum 64 mm. Tak berselang lama pada pukul 21.00 WIB, Merapi kembali meletus selama 56 detik. Tinggi kolom tegak 1.000 meter dari puncak Gunung Merapi. Amplitudo maksimum 29 mm. (Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: BPPTKG: Dua Letusan Merapi Jumat Malam Merupakan Pelepasan Gas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru