LRT Bandung Raya akan dibangun swasta

Rabu, 08 Juni 2016 | 18:50 WIB   Reporter: Muhammad Yazid
LRT Bandung Raya akan dibangun swasta


JAKARTA. Pemerintah memutuskan akan menawarkan proyek pembangunan light rail transit (LRT) Bandung Raya kepada kalangan swasta. Saat ini, pemerintah juga akan memfinalkan perencanaan serta penetapan trase proyek tersebut.

Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan mengatakan, meskipun nantinya akan dibangun oleh swasta, tapi pemerintah siap memberikan subsidi agar harga tiket LRT tidak membebankan masyarakat. Dia bilang, pemberian public service obligation (PSO) memang masih rutin disiapkan pmerintah untuk kereta api perkotaan.

"Untuk LRT Bandung, tadi diputuskan akan dibangun oleh swasta, kalau nanti harga tiket terbilang mahal, pemerintah akan siapkan subsidi," kata dia usai mengikuti rapat terbatas tentang LRT di Kantor Presiden, Rabu (8/6).

Ridwan Kamil, Walikota Bandung mengatakan, pihak berharap harga tiket bisa menjangkau masyarakat bagaimanapun skema pembangunannya. Baik diserahkan pelaksanaannya ke pihak swasta atau dibangun lewat APBN.

Menurutnya, pembangunan LRT Bandung Raya diharapkan dapat menjadi sarana alternatif untuk mengatasi kepadatan lalu linta dan kemacetan. "LRT ini juga kami harapkan akan ada kontivitas dengan kereta cepat Jakarta-Bandung," kata dia.

Pejabat yang akrab disapa Kang Emil ini menambahkan, untuk subsidi tiket LRT pihaknya memastikan tidak akan mengambilnya dari APBD memgingat masih banyaknya kebutuhan anggaran pemerintah. "Kami bisa sediakan properti yang bisa diolah menjadi proyek komersial yang hasilnya bisa mensubsidi dan menambah kontribusi pemda," kata dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru