Manfaatkan peluang Asian Games, Pemprov Sumsel sediakan spot strategis bagi UMKM

Minggu, 29 Juli 2018 | 10:25 WIB   Reporter: Puspita Saraswati
Manfaatkan peluang Asian Games, Pemprov  Sumsel sediakan spot strategis bagi UMKM


ASIAN GAMES - PALEMBANG. Menyambut perhelataan Asian Games 2018, Palembang sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara bersiap mengerahkan berbagai produk UMKM unggulannya.

Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin memastikan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Sumatra Selatan turut mengambil peluang usaha selama dua minggu perhelatan Asian Games di Palembang berlangsung.

Menurutnya, pemerintah mendukung penuh UMKM dengan mempersiapkan segala hal yang diperlukan guna memajukan UMKM Sumatra Selatan khususnya selama momen Asian Games ke-18 ini berlangsung.

“Kami siapkan tempatnya, kami siapkan kemudahan yang mereka butuhkan apa. Apapun yang mereka perlukan kami siapkan,” kata Alex kepada Kontan.co.id, ketika ditemui di komplek Lippo Plaza Jakabaring, Sabtu (28/7).

Spot-spot strategis ini rencananya akan dipenuhi dengan berbagai macam produk unggulan UMKM dari Sumatra Selatan. Menurutnya, pelaku UMKM telah siap dengan berbagai ragam produk unggulan Sumatra Selatan mulai dari songket, souvenir, hingga berbagai kuliner andalan.

“Karena UMKM Sumsel sudah terbiasa mandiri, yang penting itu mereka ada tempat berjualan untuk mereka tempati,” jelas Alex.

Rencananya ada beberapa lokasi yang dijadikan sentra UMKM berjualan. Antara lain di Dataran Nasdaq dan di Benteng Kuto Besar sebagai pusat UMKM berkumpul dan berjualan.

Alex juga mengungkapkan, penyediaan spot-spot UMKM untuk dapat berjualan sebagi upaya sterilisasi Jakabaring Sport City (JSC).

“Ada ribuan UMKM yang ikut memeriahkan Asian Games, tidak bisa semuanya masuk di area JSC. Ini area steril,”

Sayang, ketika ditanya proyeksi pendapatan dari perhelatan even internasional terhadap pendapatan provinsi, ia belum dapat merincinya.

“Kalau prediksi omzet UMKM kita belum hitung-hitungan. Yang jelas banyak lah karena wisatawan banyak berdatangan,” jelasnya.

Erick Tohir, Ketua INASGOC juga mengungkapkan bahwa akan ada banyak atlet dunia yang datang ke Palembang di momen Asian Games. Hal ini menjadi langkah baik untuk mempromosikan potensi Sumatra Selatan.

“Dari total 17.195 atlet dan official partner yang sudah mendaftar, 3.000 diantaranya akan ada di Palembang. Dua tahun lagi akan ada Tokyo Paralympic Games. Harapannya atlet-atlet ini akan membawa cerita baik tentang Sumatra Selatan,” kata Erick.

Maraknya pernak-pernik UMKM yang menggunakan logo Asian Games pun juga menjadi perhatian Alex. Ia menghimbau agar pelaku UMKM tidak hanya melihat momen dua minggu berlangsungnya Asian Games, namun juga potensi bisnis ke depan yang dapat berkelanjutan bagi pelaku UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru