Masjid Istiqlal menggelar shalat gerhana bulan nanti malam

Rabu, 31 Januari 2018 | 13:53 WIB Sumber: Kompas.com
Masjid Istiqlal menggelar shalat gerhana bulan nanti malam

ILUSTRASI. Masjid Istiqlal


SUPERMOON - JAKARTA. Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, pihaknya akan menggelar shalat gerhana bulan saat fenomena alam tersebut berlangsung, Rabu (31/1).

Shalat sunah dua rakaat tersebut akan dipimpin langsung Imam Masjid Istiqlal KH Ahmad Husni Ismail. "Waktunya habis shalat isya, kami akan adakan shalat gerhana dua rakaat," kata Abu Hurairah, Rabu (31/1).

Menurut Abu Hurairah, Masjid Istiqlal bisa menampung 200.000 jemaah. Pihaknya pun mengaku siap jika masyarakat ingin melakukan shalat gerhana bersama. 

Abu Hurairah memandang, fenomena alam ini merupakan suatu kebesaran Tuhan sehingga masyarakat diminta untuk mensyukurinya dengan cara berdoa. Gerhana bulan kali ini dianggap istimewa karena ada tiga fenomena alam yang dapat disaksikan oleh masyarakat dan ini terjadi dalam siklus 150 tahunan.

Gerhana bulan kali ini terjadi saat fase supermoon, saat bulan berada di titik paling dekat dengan bumi. Kemudian akan ada fenomena bulan berubah menjadi berwarna biru dan merah darah. Terakhir adalah gerhana bulan total.

Ini membuat gerhana bulan kali ini disebut super blue blood moon atau gerhana bulan biru kemerahan. (Iwan Supriyatna) 

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Shalat Gerhana Bulan Digelar di Masjid Istiqlal Malam Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru