Normalisasi Ciliwung di Bidara Cina dilakukan tahun ini

Senin, 19 Februari 2018 | 21:48 WIB Sumber: Kompas.com
Normalisasi Ciliwung di Bidara Cina dilakukan tahun ini

Sungai Ciliwung


PENATAAN JAKARTA - JAKARTA. Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan, proyek normalisasi Sungai Ciliwung di wilayah Kelurahan Bidara Cina akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Tahun ini mudah-mudahan lancar dan bisa kami lakukan," kata Bambang saat menghadiri acara ulang tahun Perpadi dan perayaan Imlek di Pasar Cipinang Besar, Senin (19/2).

Menurut Bambang, sebenarnya persiapan administrasi pembebasan lahan tahun lalu sudah mencapai tahap final. Namun kondisi pelaksanaan normalisasi tertunda karena masalah anggaran. "Karena anggaran dari Sumber Daya Air (SDA) tidak ada, jadi kemungkinan tahun ini," ucap Bambang.

Bambang menyebut, sikap warga Bidara Cina, pada prinsipnya siap menerima proyek itu. Pengalaman banjir beberapa hari lalu juga semakin menguatkan tekad agar Sungai Ciliwung di kawasan itu  segera di normalisasi.

"Prinsipnya mereka (warga) sudah siap, tinggal masalah ganti rugi saja. Tapi, ganti rugi hanya untuk mereka yang punya surat," ucap Bambang.

"Kalau yang tidak punya (surat) saya tidak tahu. Tapi, semua itu nanti tergantung pimpinan, saya hanya sebagai pelaksana saja. Untuk masalah yang sodetan, kami masih tunggu hasil putusan class action-nya dulu," ujar Bambang.

Sebagian kawasan permukiman di Kelurahan Bidara Cina, terkena dampak normalisasi dan proyek sodetan Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur. Namun realiasi pengerjaan proyek itu terhambat karena warga menuntut ganti rugi. (Stanly Ravel)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul:  Normalisasi Sungai Ciliwung di Bidara Cina Akan Dilakukan Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru