Pariwisata Banyuwangi semakin maju, ini kuncinya

Selasa, 19 Juni 2018 | 10:26 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Pariwisata Banyuwangi semakin maju, ini kuncinya

ILUSTRASI. Wisatawan mancanegara di GUNUNG IJEN


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi kian menunjukkan kemajuan. Perkembangan di Banyuwangi terjadi karena tiga unsur utama pariwisata yang dianjurkan Kementerian Pariwisata yakni atraksi, aksesibilitas dan amenitas, digarap secara maksimal.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, atraksi di Banyuwangi berkembang dengan pesat yakni dari 23 event menjadi 77 event dalam setahun, yang menjadikan Banyuwangi sebagai kota festival terbaik nasional.

"Selain pesona alam, Banyuwangi punya festival-festival yang menarik dan sejak tahun 2014 memang sudah mencatat prestasi triple growth. Ditambah saat ini jumlah event sudah bertambah menjadi 77 event per tahun," kata Arief dalam siaran pers, Senin (18/6).

Menurutnya, peningkatan jumlah atraksi tersebut juga berimbang dengan bertambahnya jumlah aksesibilitas dan amenitas yang dilihat dari jumlah penerbangan. "Beberapa tahun sebelumnya hanya terbang dari Bali dan Surabaya saja, namun sekarang sudah ada sejumlah maskapai yang terbang langsung dari Jakarta ke Banyuwangi," tuturnya.

Maskapai tersebut yakni NAM Air, Garuda Indonesia dan Citilink.

Lanjut Arief, hal tersebut berimbas positif pada jumlah wisatawan Banyuwangi yang naik signifikan, yakni dari 1,4 juta pengunjung pada 2014 menjadi 4,8 juta pada tahun lalu.

"Kunjungan wisman juga naik dari 30.000 pengunjung pada 2014 menjadi 100.000 pengunjung pada 2017," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru