Pasangan cagub Jabar nomor 1 dapat dukungan kalangan pesantren

Kamis, 26 April 2018 | 09:50 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Pasangan cagub Jabar nomor 1 dapat dukungan kalangan pesantren

ILUSTRASI. Ridwan Kamil (kiri) dan Uu Ruzhanul Ulum


PILKADA - CIAMIS. Dukungan terhadap pasangan calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, pasangan Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ullum (Rindu) dari kalangan pesantren terus mengalir

Kali ini dukungan itu muncul dari Pondok Pesantren Miftahul Huda Ustmaniyah Cikole, Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis terhadap  pasangan Rindu, terutama terhadap Kang Uu yang merupakan Cucu dari Pendiri Pesantren Miftahul Huda Manonjaya.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Anak dari Pendiri Pesantren Miftahul Huda Ustmaniyah Almarhum KH. Abdurrahman Syadzili yakni KH Jamaludin Rahman dan adiknya KH Jejen Zaenal Alim saat Kang Uu berkunjung ke Pesantren tersebut pada Rabu, 25 April 2018.

Dukungan disampaikan karena Kang Uu merupakan tokoh yang lahir dan besar di pesantren yang memiliki kesamaan dengan pesanan Miftahul Huda Utsmaniyah Cikole. Sehingga secara emosional tidak bisa dipisahkan.

"Alhamdulillah dukungan dari kalangan pesantren terus mengalir kepada kami pasangan Rindu. Ini menjadi Iktibar bahwa kami bagian dari Pesantren," kata Kang Uu usai bersilaturahmi dengan Ketua Umum Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda Ustmaniyah melalui keterangan persnya, Kamis (25/4).

Menurut dia  ada benang merah yang sulit untuk dipisahkan antara Miftahul Huda Manonjaya dengan Miftahul Huda Ustmaniyah Cikole, baik dari kultur Pesantren dan juga metode pendidikan yang dilakukan di pesantren yakni sama-sama salafiyah tradisional.

Saat libur mengajar di pesantren, KH Jamaludin dua hari dalam seminggu menjalin silaturahmi dengan simpul-simpul alumni Huda untuk menyambung rasa menyampaikan program Rindu.

"Saat libur mengajar di pesantren beliau KH Jamaludin bergerak mendatangi para koordinator alumni untuk ikut memenangkan pasangan Rindu. Alhamdulillah dukungan kepada kami terus mengalir," kata Bupati Tasikmalay dua periode ini .

KH Jamaludin Rahman juga berpesan kepada Kang Uu agar lebih memprioritaskan pesantren dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan manusia di Jawa Barat, ketika nanti ditakdirkan jadi pimpinan di Jawa Barat.

Pesantren kata Jamaluddin,  memiliki andil yang besar dalam membangun generasi bangsa yang unggul dan berkarakter. Metode pendidikan di pesantren memiliki cara yang khas dan unit beda dengan pendidikan yang dilaksanakan di lembah formal.

"Pesantren harus dijadikan salah satu prioritas utama dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan manusia di Jawa Barat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru