Pelabuhan Sabang bisa jadi pelabuhan transhipment

Sabtu, 02 Desember 2017 | 18:23 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Pelabuhan Sabang bisa jadi pelabuhan transhipment


INFRASTRUKTUR DAERAH - SABANG. Pelabuhan Peti Kemas Sabang atau dikenal sebutan CT3 bisa menjadi pelabuhan transhipment sehingga barang dari Sumatera bisa dibawa ke luar negeri melalui pelabuhan ini. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau terminal CT3 dalam persiapan acara puncak Sail Sabang 2017, Jumat (1/12) kemarin.

"Kalau bisa jadi pelabuhan transhipment akan menarik, secara teknis bagus dan lokasi strategis, Pelabuhan CT3 merupakan pelabuhan alam dengan kedalaman 20 meter sehingga tidak membutuhkan pembangunan dan perawatan sebagaimana pelabuhan lainnya di Indonesia," jelas Menhub Budi Karya

Jika menjadi pelabuhan transhipment maka barang dari beberapa daerah di Sumatera akan dibawa ke Sabang lalu kemudian akan dibawa lagi ke luar negeri.

"Barang-barang dari daerah seperti Pekanbaru, Dumai, Medan dan daerah lain akan dibawa ke Sabang dengan kapal untuk selanjutnya akan dibawa ke luar negeri dengan kapal yang lebih besar," jelas Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub mengatakan saat ini sudah ada operator kapal yang berminat menjadikan Pelabuhan CT3 sebagai transhipment.

"Makanya saya datang ke sini untuk melihat langsung pelabuhan ini, sudah ada operator kapal yang berminat dengan pelabuhan sabang ini," tutup Menhub Budi Karya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir di Pelabuhan Peti Kemas dalam rangka memeriksa kesiapan penyelenggaraan hari puncak Sail Sabang 2017 yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2017. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru