: WIB    —   
indikator  I  

Pemudik pengguna jasa pelayaran diprediksi turun

Pemudik pengguna jasa pelayaran diprediksi turun

BALIKPAPAN. Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Elfien Guntoro memprediksi memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut turun dua persen tahun ini.

"Penumpang kapal laut diprediksi turun dua persen tahun ini secara nasional," kata Elfien di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (16/6/2017).

Penurunan itu akibat sejumlah faktor seperti banyaknya bandara yang baru dibuka di sejumlah daerah di Tanah Air. "Karena kemungkinan adanya program pengembangan Bandara. Jadi trennya menurun," kata dia.

Faktor lainnya adalah pendapatan masyarakat yang menurun. Di Pelabuhan Semayang, Balikpapan misalnya, turunnya pengguna jasa pelayaran merupakan imbas dari lesunya usaha perkebunan dan batu bara di kawasan tersebut.

Selama arus mudik dan arus balik lebaran 1438 Hijriyah, PT Pelni diperkirakan mengangkut 557.687 penumpang. Untuk itu, perseroan bakal mengoperasikan 26 kapal trayek Nusantara dan 46 kapal perintis.

Target jumlah pemudik yang diangkut PT Pelni tersebut lebih rendah dibanding tahun lalu yang sebanyak 568.739 pemudik. Bahkan di tahun 2015 Pelni mengangkut 683.793 pemudik. (Moh. Nadlir)


SUMBER : Kompas.com
Editor Hendra Gunawan

LEBARAN 2017

Feedback   ↑ x
Close [X]