Penertiban bedeng Tn Abang ciptakan 200 ton sampah

Senin, 13 November 2017 | 15:20 WIB Sumber: Kompas.com
Penertiban bedeng Tn Abang ciptakan 200 ton sampah


PENATAAN JAKARTA - JAKARTA. Sekitar 200 ton sampah sisa penertiban diangkut dari Jalan Inspeksi menuju Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/11). Sampah tersebut diangkut menggunakan 48 truk ukuran kecil.

"Kami sengaja menggunakan truk kecil karena jalan itu tidak memungkinkan untuk truk besar. Ada sekitar 25 rit yang 1 rit-nya 8 ton. Jadi, sekitar 200 ton," ujar staf Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Arifin, saat ditemui di pembuangan sampah hasil penertiban sementara, Senin.

Sampah tersebut berasal dari bedeng-bedeng yang telah dibongkar, seperti kayu, tripleks, dan kasur. Saat ini, sampah hasil penertiban itu dikumpulkan di tempat pembuangan sampah sementara di KH Mas Mansyur, dekat makam Karet Bivak, Jakarta Pusat.

"Nantinya kami akan angkut dengan truk besar ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang, Bekasi," ucapnya.

Ia mengatakan, selama ditampung di TPS KH Mas Mansyur, barang-barang yang masih memiliki nilai ekonomis boleh dimanfaatkan masyarakat sekitar.

"Tadi ada yang minta kayu buat bakaran pembuatan tempe, ya, boleh saja. Malah mengurangi volume sampah yang akan dibawa ke Bantargebang," ujarnya.

Bedeng-bedeng yang dibangun di sepanjang jalan inspeksi menuju Tanah Abang ditertibkan hari ini. Sebelum pelaksanaan penertiban, Kecamatan Tanah Abang telah membagikan surat pemberitahuan kepada para penghuni bedeng.

Para penghuni bedeng di jalan inspeksi Tanah Abang telah membongkar bangunan semipermanennya sendiri sebelum petugas Satpol PP Kecamatan Tanah Abang melakukan penertiban. (Sherly Puspita)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Penertiban Jalan Inspeksi Tanah Abang Hasilkan Sekitar 200 Ton Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru