: WIB    --   
indikator  I  

Penumpang Lion Air melahirkan di pesawat

Penumpang Lion Air melahirkan di pesawat

JAKARTA. Seorang penumpang pesawat Lion Air dari Medan, Sumatera Utara, melahirkan anak laki-laki dalam pesawat saat sudah mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Penumpang Lion Air rute Medan-Batam-Surabaya dengan nomor penerbangan JT-972 seat 33F atas nama Yohana Ellu melahirkan saat masih dalam pesawat. Kejadiannya Sabtu (8/4) kemarin," kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin.

Yohana, kata dia, merupakan penumpang transit yang sedianya akan melanjutkan penerbangan ke Kupang Nusa Tenggara Timur melalui Surabaya.

"Rencananya penumpang yang hamil sembilan bulan itu akan ke Kupang dengan JT-696 dari Batam melalui Surabaya. Namun ia melahirkan saat tiba di Hang Nadim," kata dia.

Petugas kesehatan di Hang Nadim, kata dia, sebenarnya sudah mendapat informasi bahwa wanita tersebut hendak melahirkan. Namun petugas belum sempat sampai ke pesawat, bayi dalam kandungan wanita tersebut sudah lahir.

"Proses kelahiran dibantu oleh pramugari dengan prosedur yang berlaku," kata dia.

Setelah dilakukan tindakan perawatan penyelamatan ibu dan bayi, kata Suwarso, keduanya dirujuk ke Rumah Sakit Elizabeth Batam Centre untuk perawatan lebih lanjut.

"Petugas merujuk ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan lebih lanjut untuk memastikan ibu dan bayinya sehat dan mendapat penanganan semestinya," kata Suwarso.

Sebenarnya, kata dia, setiap maskapai memiliki aturan tersendiri bagi calon penumpang dalam kondisi hamil khususnya jika sudah mendekati waktu melahirkan.

Hal tersebut dibuat untuk memastikan ibu dan anak dalam kandungan tetap aman dan tidak terjadi gangguan selama dalam penerbangan.

Meskipun demikian, sejumlah kelahiran tercatat terjadi saat seorang penumpang dalam kondisi hamil tengah bepergian menggunakan pesawat terbang.

Bandara Internasional Hang Nadim merupakan penghubung (hub) bagi Maskapai Lion Air untuk penerbangan ke Indonesia tengah hingga timur tanpa harus melalui Jakarta.


SUMBER : Antara
Editor Yudho Winarto

PT LION MENTARI AIRLINES (LION AIR)

Feedback   ↑ x