Perkebunan Nusantara raih laba Rp 478M di Agustus

Rabu, 11 Oktober 2017 | 22:03 WIB Sumber: Antara
Perkebunan Nusantara raih laba Rp 478M di Agustus


AGRIBISNIS - MEDAN. Holding perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) per Agustus 2017 meraih laba bersih sebesar Rp 478 miliar.

"Laba bersih itu naik tajam 130% dibandingkan periode sama pada 2016 yang masih mengalami kerugian senilai Rp 1,57 triliun," ujar Direktur Utama Perkebunan Holding Nusantara Dasuki Amsir dalam keterangan pers, Rabu (11/10).

Menurut dia, keuntungan bersumber dari peningkatan penjualan, kenaikan produktivitas komoditas tanaman serta keberhasilan program efisiensi di segala lini usaha.

Dasuki Amsir menjelaskan, penjualan Holding Perkebunan Nusantara selama Januari-Agustus 2017 meningkat sebesar 9% menjadi Rp 21,16 triliun dibanding periode yang sama tahun 2016 yang masih Rp 19,5 triliun.

Adapun produktivitas komoditas kelapa sawit mengalami peningkatan sebesar 18% dibandingkan periode sama 2016.

"Sepanjang 2016, program transformasi yang dieksekusi Holding Perkebunan Nusantara sudah berjalan sesuai jalur. Manajemen yakin peningkatan kinerja akan berlanjut hingga akhir 2017," katanya.

Dengan meilihat pencapaian kinerja yang positif selama periode Januari-Agustus 2017, Dasuki optimistis manajemen Holding Perkebunan Nusantara mampu memenuhi target yang telah dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2017.

Dia mengakui, manajemen masih terus fokus pada peningkatan produktivitas dan melakukan efisiensi di semua lini agar tercapai harga produksi yang efisien dan konsisten.

Dengan langkah itu, maka apabila terjadi penurunan harga komoditas, kondisi itu tidak akan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Salah satu bentuk efisiensi antara lain adalah pengadaan pupuk oleh Holding yang diyakini bisa menekan harga menjadi lebih murah dan mencegah pemborosan.

Sementara untuk meningkatkan produktivitas dalam menjalankan operasional, manajemen memastikan pengelolaan dan prosesnya berjalan baik sesuai SOP mulai dari teknis penanaman, perawatan, pemupukan, panen, hingga pengangkutan ke pabrik pengolahan.

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) merupakan induk usaha dari PTPN I sampai PTPN XIV yang dibentuk berdasarkan PP 72/2014. Sebanyak 90% saham PTPN I sampai PTPN XIV dimiliki oleh Holding Perkebunan Nusantara dan sisanya 10% dimiliki pemerintah.

Holding Perkebunan Nusantara memiliki cakupan usaha berupa budi daya tanaman, produksi, perdagangan, pengembangan usaha bidang perkebunan, Agro Wisata, Agro Bisnis, Agro Industri, Agro Forestry, dan usaha lainnya dengan total aset hingga April 2017 sekitar Rp113 triliun.

Komoditas yang dikelola di atas lahan 1,18 juta hektare adalah kelapa sawit, karet, gula, teh, kopi, kakao, tembakau, aneka kayuan, buah-buahan, dan aneka tanaman lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru