Pesawat Trigana Air ditembak di Kabupaten Nduga, Papua

Senin, 25 Juni 2018 | 11:48 WIB   Reporter: Dupla Kartini
Pesawat Trigana Air ditembak di Kabupaten Nduga, Papua

ILUSTRASI. Trigana Air


AKSI PENEMBAKAN - NDUGA. Kasus penembakan pesawat yang memakan korban kembali terjadi di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, pada Senin (25/6). Penembakan ini diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB). 

Sebelumnya, pada 22 Juni 2018, KKB juga melakukan penembakan terhadap pesawat Twin Otter Dimonim Air PK-HVU rute Timika-Keneyam di lokasi yang sama. Atas peristiwa itu, Co- Pilot Irena Nur Fadila terkena serpihan peluru pada pergelangan kaki.

Kali ini, KKB menembak pesawat milik Trigana Air jenis Twin Otter yang dipiloti Capt Ahmad Kamil (27). Pesawat ini mengangkut logistik Pemilu dan personil pengamanan. 

Dalam peristiwa itu, pilot Ahmad Kamil mengalami luka tembak di bagian punggung sebelah kiri. Saat ini kondisinya tengah menjalani perawatan medis di Klinik Kenyam.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal membenarkan adanya penembakan terhadap pesawat Trigana jenis Twin Otter yang mengangkut logistik pemilu. "Benar KKB melakukan penembakan saat pesawat milik maskapai Trigana itu mendarat di Bandara Kenyam," paparnya.

Atas ulah kelompok tersebut, ungkap Kamal, pilot yang membawa pesawat terkena serpihan peluru dibagian punggung sebelah kiri. "Pilotnya saat ini sudah mendapat perawatan. Informasinya, pilot bersama pesawat akan segera diterbangkan ke Kabupaten Jayawijaya," ujarnya.

Mengenai penembakan tersebut, lanjut Kamal, saat ini aparat gabungan TNI dan Polri tengah melakukan penyisiran guna menangkap para pelaku. "Upaya penangkapan terhadap para pelaku masih kita lakukan. Untuk kondisi di sana, sampai sejauh ini masih kondusif," imbuhnya. (John Roy Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Pesawat Trigana Air Ditembak di Bandara Kenyam di Nduga, Pilot Terluka"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru