: WIB    --   
indikator  I  

PGN akan bangun pipa gas 141 km di Jawa Timur

PGN akan bangun pipa gas 141 km di Jawa Timur

JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk tampaknya akan lebih giat membangun infrastruktur gas bumi pada tahun ini. Hal ini dilakukan untuk memperluas jaringan pipa gas bumi di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah pembangunan pipa gas bumi ruas Gresik, Lamongan dan Tuban dengan panjang mencapai 141 km. Saat ini, untuk tahap I pembangunannya akan dimulai dengan panjang 11,5 km yang menghubungkan Desa Suci ke Desa Sembayat di Gresik Jawa Timur.

Hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 120.000 rumah tangga. Selain itu juga menyalurkan ke 1.929 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik. Pipa gas bumi yang dimiliki dan dioperasikan PGN saat ini memiliki panjang lebih dari 7.200 km atau sekitar 78% pipa gas bumi hilir nasional.

Irwan Andri Atmanto, VP Corporate Communication PGN mengatakan, pembangunan tahap I proyek tersebut akan selesai pada kuartal I 2017. Secara keseluruhan, pipa sepanjang 141 km tersebut akan tersambung dengan pipa PGN yang sudah eksisting di Jawa Timur.

Harapannya, dengan adanya jaringan pipa gas PGN ini akan menumbuhkan geliat industri, UKM, hotel, mall, rumah sakit, dan rumah makan. Selain itu, pelanggan rumah tangga dan transportasi juga bisa menikmati energi baik yang disalurkan oleh PGN.

Pengerjaan penggalian pipa gas akan diselesaikan tepat waktu dan tanah yang digali akan segera dikembalikan pada posisi semula atau malah diperbaiki dari kondisi sebelumnya. "Dukungan itu kami harapkan karena selama proses pembangunan pipa gas terkadang menimbulkan rasa kurang nyaman bagi masyarakat pengguna jalan ketika pipa ditanam di pinggir jalan," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (5/1).

Pembangunan proyek pipa gas 141 km ini merupakan realisasi dari komitmen PGN untuk membuka wilayah-wilayah pasar gas bumi baru di Jawa Timur. Setelah tahun lalu membangun pipa gas di Sidoarjo sepanjang 32 km, Surabaya 23 km, Pasuruan 2 km untuk memperkuat jaringan pipa gas di Jawa Timur.

Saat ini total panjang pipa gas bumi PGN di Jawa Timur sudah mencapai 1.156 km dengan rincian Surabaya sepanjang 552 km, Sidoarjo 404 km dan Pasuruan 199 Km. Proyek pipa tersebut sudah beroperasi dan mengalirkan gas ke berbagai pelanggan seperti industri, UKM, usaha komersial hingga rumah tangga.


Reporter Andy Dwijayanto
Editor Rizki Caturini

PGN

Feedback   ↑ x
Close [X]