Pilot dan penumpang Susi Air sempat 2 jam disandera anggota KKB di Papua

Sabtu, 13 Maret 2021 | 13:40 WIB Sumber: Kompas.com
Pilot dan penumpang Susi Air sempat 2 jam disandera anggota KKB di Papua


PAPUA - JAYAPURA. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, ternyata sempat menyandera pilot dan penumpang Susi Air, Jumat pagi (12/3).

"Front bersenjata OPM (KKB) kembali melakukan teror dengan menyandera pesawat PT Asi Pudjiastuti Aviation (Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY) di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe Kabupaten Puncak, Papua," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel CZI IGN Suriastawa, melalui rilis, Sabtu (13/3/2021).

Suriastawa menjelaskan, pesawat yang dipiloti Captain Ian John Terrence Hellyer warga negara Selandia Baru, dengan membawa tiga orang penumpang, Ricky Dolame, Arikala Dolame, dan Arike Wandikbo.

Baca Juga: Pernyataan Kapolda Papua setelah dua polisi di Maluku jual senjata ke KKB

Namun, sekitar pukul 06.20 WIT, 30 anggota KKB mendatangi Lapangan Terbang Wangbe dengan membawa dua puncuk senjata api laras panjang.

"Menurut pilot, dua di antara puluhan (anggota) KKB membawa senjata laras panjang. Beruntung selama disandera dua jam, pilot dan tiga penumpang tidak mengalami tindak kekerasan. Walaupun merasa khawatir akan keselamatannya karena sempat ditodong senjata," kata Suriastawa.

Dari keterangan pilot, anggota KKB yang melakukan penyanderaan tersebut sempat mengancam agar pesawat maskapai Susi Air dilarang membawa penumpang aparat TNI-Polri. Selain itu, KKB juga menyampaikan kekecewaannya dengan kepala kampung karena tidak memberikan dana desa.

Penyanderaan berakhir setelah negosiasi antara penumpang dengan pihak KKB.

Kemudian sekitar pukul 08.36 WIT pesawat Susi Air PK BVY take off menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman.

"Meskipun tidak terjadi korban, namun kejadian ini menunjukkan aksi teror KSB di wilayah Papua, termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil. Dan kami selalu berkoordinasi erat dengan pihak Kepolisian" kata Suriastawa.

Lapangan terbang Wangbe di Kab Puncak berjarak 43 km dari Sinak atau 48 km dari Sugapa, dan belum terdapat jaringan telepon dan internet.

Baca Juga: Kontak senjata dengan anggota Paskhas TNI AU, satu anggota KKB tewas

Penulis : Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi
Editor : David Oliver Purba

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "30 Anggota KKB Sandera Pilot Pesawat Susi Air dan 3 Penumpang Selama 2 Jam di Papua".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru