PKT Salurkan Sembako Ramadan Senilai Rp 1,1 Miliar

Jumat, 29 Maret 2024 | 22:00 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
PKT Salurkan Sembako Ramadan Senilai Rp 1,1 Miliar

ILUSTRASI. Jajaran manajemen serta pegawai Pupuk Kaltim antusias dalam mengikuti Focus Group Discussion dalam rangka meningkatkan skill untuk administrasi perpajakan pengembangan proyek perusahaan.


RAMADAN - JAKARTA. PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)  menjalankan program PKT Proaktif dengan membagikan paket sembako senilai Rp 1,1 miliar kepada 4.160 penerima di Kota Bontang. Aksi ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan. 

Vice President  TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengatakan, para penerima paket diambil dari data Pemkot Bontang melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM). Sasarannya adalah warga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) non program, Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), hingga para Veteran dan Piveri.

Ia menambahkan, setiap paket sembako berisi 5 kilogram (Kg) beras premium, 1 Kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 15 butir telur ayam hingga satu pack makanan ringan. "PKT Proaktif secara umum diperuntukkan bagi warga Bontang di 15 Kelurahan tanpa terkecuali, sesuai data Dinsos-PM Bontang," kata Sugeng dalam keterangan resminya, Jumat (29/3).

Baca Juga: BNI Bersama BUMN Lain Gelar Pasar Murah di Bulan Ramadan
 
Selain itu, Pupuk Kaltim juga melibatkan para pelaku UMKM binaan perusahaan untuk pengadaan bantuan paket sembako. Mulai dari usaha binaan di sektor perdagangan untuk pengadaan gula, telur dan minyak goreng. Lalu binaan di sektor pertanian untuk pengadaan beras, serta sektor industri rumah tangga untuk pengadaan paket makanan ringan. Ditambah para penjahit binaan untuk pengadaan tas bantuan (Goodie Bag) bekerjasama dengan PIKA PKT.

Oleh karena itu, pembangian paket sembako tersebut tidak hanya memberika manfaat tidak hanya bagi masyarakat penerima, tapi juga berkah bagi UMKM binaan yang diberdayakan untuk pengadaan paket sembako. 

SVP Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko mengatakan,  PKT Proaktif berbagi sembako merupakan agenda rutin Pupuk Kaltim memberi manfaat, yang setiap tahun disalurkan bagi warga kurang mampu di Kota Bontang. Tidak ada pengecualian atau kekhususan penerima, namun merata bagi seluruh warga dari 15 Kelurahan yang masuk kategori penerima sesuai verifikasi Dinsos PM Bontang.

Baca Juga: Rencana IPO Pupuk Kaltim Menanti Keputusan Kementerian BUMN
 
Program PKT Proaktif tahun ini juga diselaraskan dengan Employee Volunteering Initiation (Evolution), untuk melatih kepekaan dan kepedulian karyawan Pupuk Kaltim terhadap sesama dalam menyikapi kondisi sosial di masyarakat. Maka dari itu, program bantuan ini melibatkan karyawan sebagai relawan kegiatan, untuk secara bersama menyalurkan bantuan kepada seluruh penerima yang berhak di Kota Bontang.
 
Ia menambahkan, evolution PKT Proaktif tahun ini juga menyasar bantuan serupa bagi ratusan santri dari berbagai panti asuhan, serta para lansia panti jompo yang ada di Kota Bontang dengan penyaluran secara bertahap. 

Gatot memastikan program ini akan terus berjalan berkesinambungan, dengan memberi manfaat yang jauh lebih luas bagi masyarakat. Begitu pun keterlibatan karyawan, akan terus ditingkatkan agar jiwa sosial serta kepedulian akan semakin terasah, sesuai semangat Pupuk Kaltim untuk senantiasa hadir bagi masyarakat di berbagai bidang.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru