Polda Metro: Jangan konvoi kendaraan saat takbiran

Senin, 04 Juli 2016 | 20:30 WIB Sumber: Kompas.com

JAKARTA. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Syamsul Bahri mengimbau warga untuk tidak berkonvoi pada malam takbiran atau jelang hari raya Idul Fitri.

Menurut Syamsul, awalnya banyak kelompok yang ingin berkonvoi dan takbiran di Bundaran Hotel Indonesia. "Tapi kami imbau masyarakat, saudara-saudara yang ikut malam takbiran supaya malam takbirannya di rumah masing-masing. Tidak boleh arak-arakan, tertib berlalu lintas harus dijaga," kata Syamsul, di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (4/7).

Ia mengatakan, kepolisian sudah menggelar rapat pada Jumat (1/7) untuk membahas beberapa hal dan salah satunya adalah kemungkinan adanya warga yang konvoi dan takbir keliling.

Hasil rapatnya, kata Syamsul, takbiran dapat dilakukan di tiap wilayah dan tidak dipusatkan di Bundaran HI. "Jadi tidak ada (kelompok) yang dari Jakarta Timur ke Jakarta Barat. Jadi bolehnya di Jakarta Timur saja, kami sudah buat zonanya, tidak ada crossing," kata Syamsul.

Selain kepolisian, akan ada personel TNI serta Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta yang akan menjaga ketertiban pada saat malam takbiran.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga mengimbau takbiran tidak dilakukan dengan cara berkonvoi di jalan raya. Imbauan tersebut ditujukan untuk semua warga Jakarta, perorangan maupun organisasi masyarakat. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru