Polisi minta ganjil genap di DKI dikaji lagi

Kamis, 15 Desember 2016 | 11:06 WIB Sumber: Kompas.com
Polisi minta ganjil genap di DKI dikaji lagi


JAKARTA. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta (Dishub) untuk kembali mengkaji kebijakan ganjil genap yang berjalan selama hampir empat bulan terakhir.

"Kami kerja sama dengan Universitas Indonesia, merekomendasikan ke Dishub untuk dilakukan kajian lagi yang komprehensif," kata Kasubdit Bin Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, Rabu (14/12/2016).

Budiyanto mengatakan kajian berkala ini untuk melihat efektivitas dari kebijakan ganjil genap. Surat rekomendasi tersebut akan dikirim hari ini, Kamis (15/12/2016). Dari hasil kajian yang dilakukan pada bulan September, Budiyanto menyebut adanya pengurangan waktu tempuh di ruas yang berlaku ganjil genap.

Penumpang Transjakarta juga tercatat meningkat. Ganjil genap membutuhkan banyak kajian sebab kebijakan ini merupakan proses transisi sebelum implementasi electronic road pricing (ERP).

Budiyanto mengatakan kebijakan mengatasi kemacetan yang pernah diterapkan sebelumnya seperti three-in-one dan ganjil genap, pada akhirnya akan bermuara ke ERP yang dinilai paling efektif.

"Ya kita harapkan dari hasil kajian ini ada signifikansi, pelanggaran ganjil genap menurun, kemudian juga headway ada peningkatan," kata Budiyanto.

(Nibras Nada Nailufar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru