Polri gelar Operasi Zebra sampai 14 November

Rabu, 01 November 2017 | 12:47 WIB Sumber: Antara
Polri gelar Operasi Zebra sampai 14 November


KEPOLISIAN - Operasi Zebra Tahun 2017 resmi digelar pada 1-14 November 2017 di seluruh Indonesia. Sasaran pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas.

"Operasi Zebra dari tahun ke tahun rutin dilaksanakan. Saya harapkan pengaruhnya mampu mendisiplinkan masyarakat, mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2017 di halaman Gedung NTMC Polri, Jakarta, Rabu (1/11).

Operasi ini bertujuan menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Polri mengimbau kepada para pengendara agar melengkapi surat-surat kendaraan bermotor.

Royke mengatakan, dalam operasi ini, jajarannya akan menindak para pengendara yang melanggar peraturan berkendara untuk memberikan efek jera.

"Pelanggaran lalu lintas yang ditindak di antaranya berboncengan tiga orang, melawan arus, tidak pakai helm, tidak pakai sabuk pengaman, menerobos lampu merah, SIM habis masa berlak. Kemudian STNK habis masa berlaku, dan tidak menyalakan lampu pada siang hari bagi pengendara sepeda motor," katanya.

Dalam menindak para pelanggar lalu lintas, jajarannya akan menerapkan beberapa bentuk penindakan, yakni peringatan dan mengeluarkan bukti pelanggaran lalu lintas (tilang).

Dalam Operasi Zebra ini, jajaran polisi lalu lintas juga akan menilang sejumlah kendaraan pribadi yang menggunakan rotator dan sirene. Untuk itu, Irjen Royke mengingatkan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi agar tidak menggunakan sirene dan rotator.

Operasi ini ditargetkan mampu menurunkan angka kecelakaan 10%-20%. Tahun 2016, menurut dia, angka kecelakaan dan angka pelanggaran lalu lintas turun 35%.

Apel gelar pasukan Operasi Zebra 2017 turut dihadiri perwakilan Jasa Raharja, Jasa Marga, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru