Pontianak didapuk jadi kota inovatif 2017

Jumat, 22 Desember 2017 | 18:11 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Pontianak didapuk jadi kota inovatif 2017


PENGHARGAAN - JAKARTA. Pemerintah Kota Pontianak tersebut mendapat penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2017 yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk kategori kota yang digelar pada 18 Desember 2017. Ini merupakan kali ketiga Pontianak mendapat predikat tersebut.

Sutarmidji, Walikota Pontianak juga diganjar penghargaan Leadership Award 2017. Pada penghargaan Leadership Award 2017, dia masuk dalam tujuh Wali Kota terbaik versi Mendagri. Penghargaan personal ini menyandingkan Wali Kota Pontianak dua periode itu dengan Wali Kota Surabaya, Tri Risma Harini dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Pemkot Pontianak dinilai berhasil dalam melakukan inovasi dalam tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik dan bentuk inovasi lain, sesuai dengan urusan yang jadi kewenangan daerah. "Ini menunjukkan bahwa Pontianak sebagai kota yang betul-betul inovatif," kata Sutarmidji dalam keterangan resmi, Jumat (22/12).

Setidaknya, ada tiga hal utama dalam penilaian IGA, yakni aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat. Tiga aspek itu dinilai berdasarkan lima kriteria inovasi daerah yaitu mengandung pembaruan seluruh atau sebagian unsur inovasi, memberi manfaat bagi daerah atau masyarakat, tidak menyebabkan pembebanan atau pembatasan masyarakat, merupakan urusan kewenangan daerah, dan dapat direplikasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru