: WIB    —   
indikator  I  

PPP siap ajukan calon wagub untuk Ridwan Kamil

PPP siap ajukan calon wagub untuk Ridwan Kamil

KONTAN.CO.ID - Sekretariat Jenderal Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) Arsul Sani mengakui, bakal calon gubernur Jawa Barat yang paling intensif membangun komunikasi dengan partainya adalah Ridwan Kamil alias Emil.

Akan tetapi, PPP belum memutuskan siapa calon yang akan diusung.

"Harus kami akui bahwa saat ini yang paling intensif berkomunikasi dengan PPP memang Kang Emil," kata Arsul, melalui pesan singkat, Jumat (11/8).

PPP memiliki 9 kursi di DPRD Jabar. Dengan jumlah kursi ini, dukungan PPP akan membantu pemenuhan syarat mengusung bakal calon.

Oleh karena itu, sebagai syarat, PPP akan meminta kesediaan calon tersebut untuk menggandeng calon wakil gubernur dari internal PPP atau yang ditunjuk PPP, baik internal maupun eksternal.

Arsul mengatakan, tak tertutup kemungkinan PPP juga akan melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain yang belum mengerucutkan calon gubernur dan wakil gubernurnya seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Hanura.

"Juga dengan Nasdem yang sudah lebih dulu mendeklarasikan dukungan kepada Kang Emil," kata Anggota Komisi III DPR RI itu.

Butuh tambangan dukungan

Untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membutuhkan tambahan dukungan partai.

Saat ini, baru Nasdem yang mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil.

Namun, Nasdem tidak bisa mengusung Ridwan Kamil tanpa koalisi karena hanya memiliki 5 kursi di DPRD Jabar.

Untuk mengusung calon gubernur atau wakil gubernur, dibutuhkan 20 kursi.

Sementara, PDI-P dan Golkar kemungkinan besar tidak akan mengusung Wali Kota Bandung tersebut untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat 2017.

Kedua partai itu kemungkinan akan berkoalisi mengusung paket cagub-cawagub.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini partainya tengah membangun komunikasi intensif dengan Golkar untuk mengusung Dedi Mulyadi sebagai cagub Jabar.

PDI-P sudah mempersiapkan sejumlah nama untuk menjadi pasangan Dedi, seperti Ketua DPD PDI-P TB Hasanuddin, anggota DPR Puti Guntur Soekarnoputra, dan Bupati Majalengka Sutrisno.

Sekjen Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, komunikasi dengan Ridwan Kamil tidak mencapai titik temu. Golkar ingin Dedi Mulyadi menjadi calon gubernur.

Namun, Ridwan Kamil juga telah mendeklarasikan diri di posisi yang sama.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, partainya akan melakukan upaya maksimal agar Ridwan Kamil maju pada Pilkada Jawa Barat 2018.

Ia mengatakan, upaya itu termasuk melalui jalur independen.

Meski demikian, Nasdem akan memberi kesempatan penuh kepada Ridwan Kamil alias Emil untuk menentukan posisi yang akan dipilih.

Sebab, kata Johnny, tak menutup kemungkinan jika nantinya Emil dicalonkan sebagai wakil gubernur. (Nabilla Tashandra)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Modal 9 Kursi, PPP Siap Ajukan Calon Wagub untuk Ridwan Kamil

 


SUMBER : Kompas.com
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

PILKADA

Feedback   ↑ x
Close [X]