: WIB    --   
indikator  I  

Provinsi Manado bangun rumah kemasan di awal 2015

Provinsi Manado bangun rumah kemasan di awal 2015

MANADO.  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menargetkan di awal 2015, pembangunan rumah kemasan di daerah tersebut akan segera rampung.

"Kami merencanakan, rumah kemasan untuk Industri Kecil Menengah (IKM) di Sulut akan segera diselesaikan di awal 2015," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Jenny Karouw, di Manado, Rabu.

Jenny mengatakan rencana pembangunan rumah kemasan ini, baru dimasukkan dalam rencana anggaran 2015, namun pemerintah akan berusaha secepatnya dilakukan, sehingga IKM tidak kesulitan menjual produk jika memiliki kemasan yang cukup bagus.

"Rumah kemasan tersebut bukan gedung baru, tetapi merenovasi bangunan yang sudah ada dan diharapkan rampung pada 2015," katanya.

Kehadiran gedung khusus pemberdayaan kemasan tersebut, kata Jenny, diharapkan dapat membantu kalangan industri kecil menengah (IKM) dan usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) dalam pengemasan produk.

"Adanya kemasan yang baik maka makanan dan minuman menjadi hygienis (bersih/sehat) dan terjamin keamanannya dari berbagai faktor penyebab rusaknya makanan dan minuman," katanya.

Keuntungan lainnya, pelaku usaha tidak perlu lagi ke luar daerah untuk merancang kemasan bagi produk mereka. Kehadiran rumah kemasan ini akan dikelola secara profesional, untuk itu Disperindag akan membentuk tim khusus.

"Selama ini banyak pelaku usaha mengemas dengan cara tradisional sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas makanan yang dijual," katanya.

Untuk mesin atau peralatan kemasan, katanya, akan minta bantuan dari Kementerian Perindustrian mengingat harga alat tersebut cukup mahal, ungkapnya.


SUMBER : Antara
Editor Uji Agung Santosa

REGIONAL

Feedback   ↑ x