Proyek MRT Jakarta mulai dialiri listrik

Jumat, 13 Juli 2018 | 19:02 WIB   Reporter: Abdul Basith
Proyek MRT Jakarta mulai dialiri listrik

ILUSTRASI. Menko Perekonomian Darmin Nasution tinjau proyek MRT Jakarta


MRT - JAKARTA. PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta memulai pengaliran listrik untuk jalur MRT Jakarta Lebak Bulus-Bundaran HI.

Aliran listrik tersebut bersumber dari gardu listrik Taman Sambas dengan tegangan 150 kilo volt (KV). 

"Titik ini adalah titik sangat penting bagi pengoperasian jalur MRT Jakarta Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 16 kilometer (km)," ujar Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar saat peresmian gardu Taman Sambas, Jumat (13/7).

Listrik dari gardu Taman Sambas akan didistribusikan ke setiap gardu yang dimanfaatkan untuk menggerakan kereta. Selain itu listrik juga akan dialirkan ke setiap stasiun untuk memenuhi kebutuhan MRT Jakarta.

Gardu tersebut merupakan kerjasama antara MRT dengan PT PLN (Persero). Sebelumnya pada Desember 2016 MRT Jakarta telah menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik.

Sebelum dialiri listrik, proses uji coba telah dilakukan oleh MRT Jakarta. "Pekerjaan instalasi gardu ini telah dimulai pada pertengahan 2017 dan selesai dikerjakan dan dilakukan testing pada akhir Juni 2018," terang William.

William bilang selain listrik hal penting lainnya adalah sinyal dan telekomunikasi. Tes persinyalan tanpa kereta akan dilakukan pada akhir Juli 2018.

Pada 9 Agustus 2018 akan dilakukan tes sistem dengan peletakan kereta pertama ke rel. Sementara pada Desember 2018 akan dilakukan uji coba kereta tanpa penumpang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir pada peresmian gardu berharap MRT dapat beroperasi tepat waktu. Anies bilang beroperasinya MRT Jakarta akan dimanfaatkan oleh masyarakat DKI Jakarta dan daerah sekitarnya.

"Proses MRT Jakarta saya ingin menggaris bawahi semua berjalan sesuai jadwal," jelas Anies.

Asal tahu saja, MRT Jakarta jalur Lebak Bulus-Bundaran HI ditargetkan beroperasi pada akhir Maret 2019. Proyek dengan investasi Rp 16 triliun itu akan menjadi pilihan moda transportasi di Jakarta.

Akan ada 16 rangkaian kereta yang berjalan di jalur Lebak Bulus-Bundaran HI. Satu rangkaian terdiri dari enam unit yang dapat menampung 325 penumpang per unitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru