Puluhan pengrajin Pekalongan ikut Inacraft

Selasa, 12 April 2016 | 13:17 WIB Sumber: Antara
Puluhan pengrajin Pekalongan ikut Inacraft


PEKALONGAN. Sebanyak 54 pengrajin anggota Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft (Asephi) Badan Pengurus Cabang (BPC) Pekalongan akan mengikuti Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2016. Ajang pameran pengrajin Tanah Air ini akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), 20-24 April 2016.

Sekretaris Asephi BPC Pekalongan Arief Wicaksono mengatakan para pengrajin itu akan berangkat ke JCC mengikuti Inacraft 2016 dengan biaya mandiri.

"Mereka ikut atas biaya mandiri. Bahkan ada peserta yang memesan dua stan di Inacraft 2016," katanya, Selasa (12/4).

Menurut dia, para perajin yang akan berangkat ke Inacraft tersebut sebagian besar masih didominasi oleh para pengusaha batik.

"Namun ada pula dari kerajinan tangan lainnya, antara lain tenun, kain perca dan aksesoris.

Ia menjelaskan stan peserta Inacraft berasal dari Pekalongan akan menempati di Hall A, Main Lobby dan Assembly.

"Inacraft ini sudah menjadi agenda rutin tahunan dan merupakan momentum bagus bagi para pengrajin, khususnya dari Kota/Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang untuk memperkenalkan produknya ke dunia internasional," katanya.

Ia mengatakan pameran kerajinan khas Indonesia bertaraf internasional itu diperkirakan akan banyak dikunjungi calon pembeli dari negara-negara lain.

Khusus bagi peserta yang akan memamerkan produk batik, kata dia, Asephi mensyaratkan agar batik tersebut adalah benar-benar batik asli, apakah itu batik tulis, cap, ataupun kombinasi batik tulis dan cap.

"Kami akan memberikan tanda khusus berupa stiker hologram yang menjamin bahwa kain batik tersebut adalah batik asli. Tentunya hologram ini akan diperuntukkan bagi produk batik yang benar-benar asli," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru