Revitalisasi Stasiun Manggarai telah capai 52%

Jumat, 05 Januari 2018 | 20:58 WIB Sumber: Kompas.com
Revitalisasi Stasiun Manggarai telah capai 52%


KERETA API - JAKARTA. Bangunan baru di Stasiun Manggarai semakin terlihat wujudnya. Rel jalur 8 sudah rapi. Rel tersebut digunakan kereta bandara sebagai titik awal dan akhir perjalanan. Selan itu, di sisi barat stasiun, tampak tiang-tiang beton sudah berdiri.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Joice Hutajulu mengatakan, saat ini fokus pengerjaan pada lantai 2 bangunan baru itu.

"Perkembangannya saat ini sudah 52%," kata Joice ketika dihubungi.

Selan itu, pengerjaan rel dwiganda juga masih dikerjakan. Di Jalan Manggarai Utara, puluhan pekerja menggarap rel yang menghubungkan ke Stasiun Jatinegara.

"Dikerjakan juga elevated track dari Bekasi, dan yang dari Bogor juga baru akan dikerjakan," ujar Joice.

Revitalisasi Stasiun Manggarai merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur rel dwiganda atau double-double track yang menghubungkan Cikarang-Manggarai.

Proyek ini diketahui ditargetkan rampung paling lambat tahun 2019. Saat ini, jalur rel di Stasiun Manggarai hanya ada tujuh dan membuat perjalanan terhambat karena kereta harus bergantian menggunakannya.

Setelah revitalisasi selesai, Stasiun Manggarai akan memiliki sepuluh jalur rel. Bangunannya juga akan terdiri dari tiga lantai, yang terbagi menjadi lantai satu untuk KRL dan KA Bandara; lantai dua untuk ruang tunggu penumpang, dan lantai tiga untuk KA Jarak jauh. (Nibras Nada) 

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Progres Revitalisasi Stasiun Manggarai Capai 52 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru