Ribuan hektare sawah di Aceh Utara terancam gagal panen

Jumat, 16 Februari 2018 | 20:53 WIB Sumber: Kompas.com
Ribuan hektare sawah di Aceh Utara terancam gagal panen

Petani salat meminta hujan di Aceh Utara


AGRIBISNIS - JAKARTA. Puluhan ribu hektare sawah di Kabupaten Aceh Utara terancam gagal panen karena kekeringan di sejumlah kecamatan dalam kabupaten itu. Saat ini, usia padi mencapai 40 hari setelah ditanam dan akan panen pada Maret mendatang.

Kepala Desa Pucok Alue, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Abu Bakar, Jumat (16/2), menyebutkan, hingga hari ini belum ada upaya apa pun dari pemerintah untuk mengantisipasi gagal panen.

“Bagi yang punya duit, mereka sedot air dari sungai. Namun, sangat terbatas kan,” kata Abu. Sedangkan bagi petani yang tak punya mesin pompa, maka sawah dibiarkan begitu saja tanpa suplai air akibat dari kemarau panjang di wilayah itu.

“Harusnya pemerintah melakukan upaya konkret mengantisipasi gagal panen. Di sawah itulah harapan petani seluruh Aceh Utara ini,” sebut Abu yang juga Ketua Asosiasi Geuchik (kepala desa) Aceh Utara itu.

Selain itu, dia berharap Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib menginstruksikan suplai air bersih untuk kebutuhan minum dan masak masyarakat di daerah yang mengalami kekeringan.

“Susah sekali sumber air sekarang ini. BPBD pun belum turun, padahal kemarau kan bencana alam juga,” ucap Muhammad Thaib.

Sementara itu, Kepala Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Teuku Nadirsyah, menyebutkan, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib telah menginstruksikan Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Aceh Utara untuk turun ke lapangan.

“Tugas mereka mengambil langkah konkret antisipasi gagal panen. Karena gagal panen ini sudah di depan mata, bagaimana upaya kita untuk menyelamatkan padi yang mengering itu. Itu pesan bupati,” ujarnya.

Enam kabupaten di Aceh mengalami kekeringan, yaitu Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, dan Kabupaten Bireuen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Akibat Kekeringan, Ribuan Hektar Sawah di Aceh Utara Terancam Gagal Panen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru