Said Aqil tegaskan suara NU tidak pecah pada Pilkada Jatim

Rabu, 14 Februari 2018 | 13:03 WIB Sumber: Kompas.com
Said Aqil tegaskan suara NU tidak pecah pada Pilkada Jatim

ILUSTRASI. Ketum PB NU K.H. Said Aqil Siradj


PILKADA - SURABAYA. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj membantah NU pecah di Pilkada Jawa Timur 2018 menyusul majunya 2 kader NU, yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa.

Kata Said, di momentum Pilkada Jatim, NU hanya punya 2 kader yang mencalonkan diri. "NU hanya punya 2 calon, bukan pecah. Warga NU bebas memilih," katanya di Surabaya, Rabu (14/2).

Dengan majunya 2 kader NU, warga Jatim juga memiliki banyak pilihan. "Kita cuma siapkan menu berbeda. Ada rawon, ada sate. Siapapun yang menang, ya tetap NU," ujarnya.

Jadi anggapan yang menyebut NU pecah karena momentum politik Pilkada Jatim, menurut Said, tidaklah benar. "Jadi NU tidak pecah, hanya saja calonnya ada dua," tegasnya lagi.

Dua calon gubernur yang resmi maju di Pilkada Jatim masing-masing adalah kader NU. Gus Ipul pernah menjabat ketua umum Gerakan Pemuda Ansor, dan saat ini menjabat salah satu ketua di PBNU, sementara Khofifah sampai saat ini masih menjabat ketua umum Muslimat NU.

Di Pilkada Jatim, Gus Ipul menggandeng Puti Guntur Soekarno. Pasangan yang diusung PKB, PDI-P, PKS, dan Partai Gerindra ini mendapat nomor urut 2 dalam pengundian nomor urut yang digelar KPU kemarin siang.

Sementara Khofifah Indar Parawansa menggandeng Emil Elistyanto Dardak yang juga bupati Trenggalek. Pasangan ini diusung Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, serta Partai Hanura, yang mendapat nomor urut 1. (Kontributor Surabaya, Achmad Faizal)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Said Aqil: NU Tidak Pecah di Pilkada Jatim...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru