Sandi kritik serapan anggaran melompat akhir tahun

Rabu, 03 Januari 2018 | 08:50 WIB Sumber: Kompas.com
Sandi kritik serapan anggaran melompat akhir tahun


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, serapan anggaran di DKI Jakarta tahun 2017 meningkat tajam di triwulan terakhir yaitu antara Oktober hingga Desember. Ia mengatakan, fenomena ini ternyata bukan yang pertama kali terjadi

"Jadi itu sekarang yang akan kami terjunkan tim khusus karena ini yang sudah berpuluh-puluh tahun terjadi dan secara empiris ini juga dikeluhkan oleh Pak Jokowi (Presiden RI Joko Widodo) kemarin. Bahwa selalu dikejar (penyerapan anggaran) di triwulan terakhir, berarti enggak sehat," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/1) malam.

Sandi bahkan menyebut hal itu seperti mimpi buruk untuk SKPD yang bertanggung jawab di bidangnya yang harus membuat pencatatan serapannya pada setiap ujung tahun.

"Karena Pak Michael (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta Michael Rolandi) lembur terus pasti di ujung-ujung tahun. Ini enggak bisa. Beruntung kita punya sistem yang udah bagus sekarang. Tapi untuk kami itu kaya nightmare (mimpi buruk) bahwa di ujung itu tagihan datang," kata dia.

Sandi meminta, selama pemerintahannya dilakukan percepatan lelang sehingga proses eksekusi dan penagihan pembayaran setelah proyek rampung dikerjakan dapat berjalan lebih cepat.

"Kami ingin pengusaha sadar bahwa 1 tahun ini ada 12 bulan lho. Jangan cuma di Desember saja dipacunya karena itu mengakibatkan serapan sangat berpotensi tidak optimal karena digenjot hanya di triwulan terakhir," ujar Sandi.

Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 mencapai Rp 51,82 triliun atau 83,83 persen dari total anggaran Rp 71,89 triliun. Pencapaian ini terbilang meningkat dari realisasi penyerapan anggaran tahun 2016.

Namun Sandi menyayangkan kenaikan angka penyerapan anggaran itu terjadi di penghujung tahun 2017. (Sherly Puspita)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Sandi: Serapan Anggaran Meningkat di Akhir Tahun seperti "Nightmare"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru