Sandiaga ingin integrasikan transportasi DKI

Selasa, 26 September 2017 | 13:17 WIB   Reporter: Cecylia Rura
Sandiaga ingin integrasikan transportasi DKI


INFRASTRUKTUR DAERAH - Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Sandiaga Uno akan memanfaatkan momentum untuk mengembangkan infrastruktur Indonesia. Salah satunya, momen Asian Games pada Agustus 2018 mendatang, yang bisa menjadi acuan pemerintah memperbaiki infrastruktur Jakarta.

Beberapa infrastruktur yang berpeluang dibenahi adalah Stasiun Kereta Api Kebayoran Lama yang padat pengunjung, dan perlu diintegrasikan.

 "Ini menjadi PR, Stasiun KA Kebayoran Lama sangat padat, tapi tidak terintegrasi dengan baik," kata Sandiaga saat mempresentasikan infrastruktur di Jakarta dengan tema "Untuk Maju Kotanya, Bahagia Warganya" di Auditorium Arifin Panirogo, Universitas Al-Alzhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

Selain itu, perencanaan MRT, kereta bandara, dan dua LRT dari Adhi Karya dan Jakpro di Dukuh Atas juga menjadi perhatian Sandi. Meski pembangunannya dikebut, ia mengingatkan para stakeholder agar dibangun hati-hati.

 

Kondisi kemacetan di kawasan Palmerah juga sempat disinggung oleh Sandi. "Integrasi fisik di Stasiun Palmerah belum optimal, masih ada pembangunan trotoar, tempat berkumpuk Gojek Online, Bus Trans Jakarta," lanjutnya.

Wilayah lain yang juga menjadi bagian dari PR pemerintahan Anies-Sandi adalah Terminal Bus Pulo Gebang dan Stasiun Cakung. 

"Jaraknya dekat, tapi waktu saya ke terminal itu sepi, sementara di stasiun padat, gimana caranya akan diintegrasikan dengan stasiun supaya ramai," kata Sandi.

Juga, Sandi mengungkapkan ingin menghidupkan titik-titik sejarah di Jakarta dengan mengintegrasikan Pelabuhan Sunda Kelapa dan Kota Tua. Nantinya, akan dibangun Kereta Api Jembatan Tiga.

Untuk sektor pariwisata, Sandi mengatakan padatnya pengunjung di Taman Mini Indonesia dan Taman Margasatwa Ragunan bisa dikurangi dengan mengintegrasikan beberapa moda transportasi.

"Banyaknya pengunjung di Taman Mini akan diintegrasikan dengan LRT, di Ragunan juga pengunjungnya padat, dekat dengan Stasiun Lenteng Agung, bisa jalan kaki, mengurangi kendaraan pribadi, akan diintegrasikan," katanya.

Setelah memberikan presentasi terkait infrastruktur, Sandi juga menandatangani kerjasama MoU bersama Universitas Al-Azhar tentang Oce Oke Academy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru