Sandiaga minta warga Bidaracina tak egois dan merelakan tanahnya

Jumat, 09 Februari 2018 | 14:32 WIB Sumber: Kompas.com
Sandiaga minta warga Bidaracina tak egois dan merelakan tanahnya

ILUSTRASI. Sungai Ciliwung


PENATAAN JAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mencari cara agar warga Bidaracina, Jakarta Timur, bisa melepas tanah mereka untuk proyek sodetan Ciliwung. Sebab, program pengendalian banjir sangat dibantu dengan proyek sodetan Sungai Ciliwung itu.

"Kita ingin mencari sebuah format bagaimana masyarakat bisa setuju merelakan tanahnya untuk fasilitas yang akan dinikmati seluruh publik Jakarta. Jadi kita enggak boleh egois, pengendalian banjir sangat dibantu dengan adanya sodetan ini, jadi perlu ada kerja sama warga," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (9/2).

Oleh karena itu, Sandiaga ingin mengajak warga berdialog. Ketika belum menjadi Wakil Gubernur, Sandi mengaku berpengalaman membangun infrastruktur di beberapa tempat. Ketika itu, dia juga mengajak warga setempat berdialog. Dia pun ingin menerapkan hal yang sama terhadap warga Bidaracina. Apalagi, sudah ada masukan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kami ingin ada mediasi. Kemarin kami review masukan dari teman-teman Kementerian PUPR bahwa ada beberapa lahan yang milik Pemprov DKI tapi masih diduduki warga, ada yang milik privat yang diduduki warga," ujar Sandi.

Warga Bidaracina sebelumnya mengajukan gugatan dengan Nomor 59/G/2016/PTUN-JKT terkait dengan penetapan lokasi sodetan Kali Ciliwung yang berubah dari ketentuan sebelumnya.

Dalam pembacaan putusan di PTUN Jakarta,  25 April 2016, majelis hakim memenangkan warga Bidaracina karena menganggap SK Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, terkait penetapan lokasi untuk pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur, telah melanggar asas-asas pemerintahan. (Jessi Carina)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Sandiaga Minta Warga Bidaracina Tak Egois dan Mau Merelakan Tanahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru