Sandiaga: Tahun pertama DP 0% butuh Rp 2,7 T

Jumat, 14 April 2017 | 19:33 WIB Sumber: Kompas.com
Sandiaga: Tahun pertama DP 0% butuh Rp 2,7 T


JAKARTA. Cawagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengaku sudah menargetkan anggaran untuk tahap pertama program rumah down payment (DP) atau uang muka 0 rupiah.

Sandiaga mengatakan target tahap pertama mengurangi 80% backlog dari antrean 300.000 hunian murah. "Berarti kalau dilihat tahun pertama secara realistis dana yang diperlukan program ini Rp 2,7 triliun," kata Sandiaga di Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2017).

Sandiaga mengakui bahwa tak bisa langsung membangun secara masif. Perlu target awal di tahun pertama pemerintahan.

Selain itu, Sandiaga akan mendorong program ini kepada DPRD DKI Jakarta untuk dibuatkan peraturan daerah. "Perda ini akan memberikan ruang pada kita untuk program rumah rakyat dengan DP 0 rupiah," ujar dia.

Sabtu (18/2) kemarin, pasangan Anies-Sandi mengikuti pengajian yang diselenggarakan salah seorang relawan Anies-Sandi, yaitu Raffi Ahmad. Seusai pengajian, pasangan nomor urut tiga itu menanggapi pro dan kontra terkait program rumah tanpa uang muka yang mereka gulirkan.

Menurut Anies dan Sandi, program itu sudah diterapkan di negara lain. Bahkan, jika mengacu pada aturan Bank Indonesia, hal itu bisa diterapkan di Indonesia.

(Kahfi Dirga Cahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru