Sandiaga Uno pastikan pasokan kebutuhan pangan DKI aman

Selasa, 17 Juli 2018 | 23:51 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Sandiaga Uno pastikan pasokan kebutuhan pangan DKI aman

ILUSTRASI. Pasar tradisional


HARGA PANGAN - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menggelar rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution terkait pengendalian harga pangan di Jakarta. Adapun pembahasan ini terkait dengan laporan harga pangan di kawasan DKI Jakarta yang terus meroket.

“Pertama-tama kami mengapresiasi pak Menko Perekonomian pak Darmin memberikan waktu kepada kita melaporkan harga-harga bahan pokok yang sekarang bisa dipantau di seluruh wilayah Jakarta melalui info pangan Jakarta. Pak Menko mengundang DKI karena masukan-masukan DKI sangat diperlukan sebagai barometer untuk penanganan pangan ke depan,” kata Sandiaga, Selasa (17/7).

Diketahui bahwa melemahnya rupiah yang sudah berlangsung hampir tiga pekan ini berdampak pada kenaikan harga-harga pangan. Beberapa komoditas seperti ayam dan telur ayam dinilai merupakan komoditas yang kenaikan harganya paling menonjol.

Terkait hal itu Sandiaga menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan pantauan dan memastikan bahwa komoditas pangan di Jakarta tidak mengalami lonjakan harga yang signifikan.

“Bisa kita lihat dari harga yang memiliki dampak cukup tinggi adalah tentunya harga ayam, telur, dan nanti akan diikuti dengan harga daging. Nah ini yang perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan beban kepada masyarakat,” ujar Sandiaga.

Sandiaga berjanji bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi guna memastikan pasokan komoditas pangan aman dan terkendali.

“Tadi koordinasi-koordinasi ini kita harapkan mendapat kebijakan agar Pemprov DKI bisa leluasa untuk mengantisipasi dan memastikan amannya pasokan langsung melalui food station, kita punya BUMD yang bisa memberikan kepastian pasokan untuk wilayah DKI,” katanya.

Selanjutnya, kenaikan harga ini diharapkan tidak membuat gap antara masyarakat yang mampu dan tidak mampu. Sandiaga menegaskan, Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang merupakan program unggulannya juga bisa digunakan untuk membeli komoditas pangan dengan harga yang murah.

“Jaringan distribusi yang sederhana, terbuka dan berkeadilan, itu dilakukan oleh PD Pasar Jaya. Di sini untuk protein juga ada Dharma Jaya. Kita laporkan hasil sementara dari distribusi, melalui program KJP, kita memberikan distribusi daging dan juga kita nanti memastikan pasokan yang lebih mengarah kepada protein kepada warga Jakarta,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru