Sejumlah ruas jalan Jakarta sepi malam Tahun Baru

Sabtu, 31 Desember 2016 | 20:45 WIB Sumber: Antara
Sejumlah ruas jalan Jakarta sepi malam Tahun Baru


JAKARTA. Sejumlah ruas jalan di Jakarta terpantau tidak terlalu ramai menjelang malam pergantian tahun 2017, Sabtu (31/12)

Lalu-lintas di ruas Jalan MH Thamrin dari Patung Arjuna Wijaya (Bundaran Bank Indonesia) hingga Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, malah cenderung sepi.

Konsentrasi kendaraan umumnya berada di Bundaran HI yang menjadi akses menuju ke beberapa pusat perbelanjaan yang menjadi tujuan sebagian warga menghabiskan malam tahun baru menyusul malam tanpa kendaraan tidak digelar.

Lalu-lintas di sekitar kawasan Monas juga terpantau lancar. Belum terlihat lonjakan jumlah pengunjung, sementara arena parkir kendaraan, yang biasanya penuh juga terlihat masih normal.

Kendati demikian, para pedagang terompet dan makanan kaki lima terpantau mulai membuka lapak dagangan sejak Sabtu sore di trotoar-trotoar jalan.

Di Jakarta Timur, dari Jalan Pramuka hingga Jalan Matraman Raya juga lancar dengan cuaca sedikit mendung. Hal serupa juga terjadi di Jalan Donald Isaac Panjaitan, Jakarta Timur, yang biasanya selalu dipadati kendaraan setiap hari kerja.

Namun kemacetan terjadi di Jalan Raya Kalimalang menjelang masuk Mall Cipinang Indah yang didominasi kendaraan roda empat.

Menghadapi malam pergantian tahun dari 2016 ke 2017 kali ini, konsentrasi keramaian perayaan dipecah-pecah ke lima wilayah DKI Jaya.

Biasanya yang selalu menjadi Monumen Nasional dan kawasan sekitarnya selalu berubah menjadi "lautan manusia" pada malam tahun baru, namun kali ini dirancang tidak demikian.

Salah satu alasannya adalah kawasan pendukung --Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin-- yang sedang digali untuk pembangunan jaringan kereta bawah tanah DKI Jaya.

Secara teknis pengamanan dan beban lalu-lintas, jalan-jalan yang sedang digali ini tidak akan bisa menampung beban arus kendaraan dan manusia yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru