Solo segera kucurkan bansos kesehatan

Selasa, 24 Mei 2016 | 11:46 WIB Sumber: Antara
Solo segera kucurkan bansos kesehatan


Solo. Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta siap mengucurkan bantuan sosial (bansos) kesehatan untuk warga pemegang kartu pemeliharaan kesehatan masyarakat Solo (PKMS) silver. Kini, pemkot masih sosialisasi bantuan itu.

Meski demikian, saat ini sudah ada warga yang mulai mengajukan proposal bantuan ini ke Pemkot Surakarta. Tercatat sudah ada sebanyak 80 proposal. "Sekarang tengah diverifikasi oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Pemkot Surakarta," kata Kepala UPTD PKMS DKK Pemkot Surakarta Ida Angklaita di Solo, Selasa.

Sistem yang diterapkan yakni warga mengajukan proposal ke Wali Kota terlebih dahulu, dilanjutkan dengan rekomendasi Wali Kota untuk memverifikasi kelayakan warga menerima bantuan atau tidak. Verifikasi bertujuan untuk melihat apakah warga memang benar warga Solo ataupun telah menerima bantuan kesehatan sebagai pemegang kartu Indonesia sehat (KIS) atau belum."Ya jika sudah kan berarti dia telah menerima bantuan dari pemerintah. Kalau belum ya kita loloskan," katanya.

Ia mengatakan setelah lolos dari verifikasi DKK, nantinya DKK akan melaporkan ke Wali Kota agar nantinya Wali Kota bisa memberikan nota dinas ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). Baru setelahnya, pencairan disampaikan ke DPPKA.

Ida mengatakan untuk proses itu pihaknya tidak bisa memastikan waktu dari mulai pengumpulan proposal hingga pencairan karena bergantung pada efektivitas pejabat yang bersangkutan. Di samping itu untuk pencairan juga bergantung pada kelengkapan syarat-syarat yang diajukan. "Ya kita kan juga tidak tahu nantinya kepala DKK atau pak Wali ada atau tidak. Kemungkinan untuk pencairan seperti ini memakan waktu sekitar dua bulan," jelasnya.

Bagi warga yang sudah tidak memiliki kartu PKMS, Ida mengembalikan pada kebijakan Wali Kota kembali karena rekomendasi awal tetap berada pada Wali Kota. Selain itu yang terpenting adalah kuitansi pelunasan dari rumah sakit. "Kalau sudah tidak punya kartu ya tergantung pada pak Wali. Tapi yang terpenting dari semuanya yakni kuitansi sebagai bukti pembayaran," ujarnya.

Saat ini pemegang kartu PKMS Silver yang bisa mengajukan bansos ini sekitar 224.046 orang warga sedangkan anggaran yang digelontorkan Pemkot untuk bansos kesehatan yakni sekitar Rp 1 miliar.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyatakan warga pemegang Kartu PKMS Silver dapat menerima bantuan kesehatan melalui bansos dengan bantuan diberikan maksimal Rp 5 juta. "Kalau biaya rumah sakitnya di atas Rp 5 juta akan kita bantu Rp 5 juta. Tapi kalau dibawah Rp 5 juta, pembayaran rumah sakit akan kita lunasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru