Sulut ekspor 15 ton pala ke Amerika Serikat

Jumat, 13 Mei 2016 | 16:46 WIB Sumber: Antara
Sulut ekspor 15 ton pala ke Amerika Serikat


MANADO. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor puluhan ton komoditas biji pala berkualitas baik ke Amerika Serikat pada pekan terakhir April 2016.

"Biji pala diekspor ke Amerika Serikat sebanyak 15 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar US$ 118.900," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut T Hasudungan Siregar di Manado, Jumat (13/5).

Permintaan biji pala kualitas baik dari Amerika Serikat berusaha selalu dipenuhi dengan baik oleh pengekspor di Sulut karena telah terikat kontrak dengan buyers atau pembeli. Kata Hasudungan, AS merupakan negara yang cukup potensial untuk mengekspor biji pala, karena selain harga yang bagus juga akan memberikan keuntungan bagi petani dan pengekspor Sulut.

Hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor sehingga pengirimannya akan terus berlanjut. Kualitas dan kuantitas harus dijaga dengan baik sehingga buyers akan senang dengan produk biji pasa asal Sulut," katanya.

Komoditas biji pala asal Sulut memang paling banyak diminati negara-negara di Uni Eropa. Namun, Asia, Amerika dan Afrika juga menggemarinya. Biji pala sangat banyak manfaatnya, antara lain untuk rempah-rempah karena rasanya yang sangat khas. "Permintaan ekspor pala dan ke berbagai negara di dunia ini menunjukkan mutu komoditas pala daerah ini cukup baik," ujarnya. (Nancy Lynda Tigauw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru