Sumarsono akan blusukan pantau antisipasi banjir

Kamis, 22 Desember 2016 | 08:45 WIB Sumber: Kompas.com
Sumarsono akan blusukan pantau antisipasi banjir


JAKARTA.  Untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, berencana akan blusukan mulai Jumat (23/12) besok. Hal itu disampaikan Sumarsono seusai bertemu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), T Iskandar, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu kemarin.

"Saya mulai hari Jumat mau keliling dari waduk turun pintu air ke pintu air. Dimulai dari Waduk Pluit kemudian ke pintu air memastikan, kalaupun terjadi apa-apa, saya masih bisa ikut mengendalikan karena pemahaman lapangan sudah pas," kata Sumarsono.

Saat bertemu pihak BBWSCC, Sumarsono mengaku telah meminta peta titik lokasi daerah yang kerap terendam banjir. Dia juga meminta penjelasan mengenai permasalahan normalisasi 13 sungai besar di Jakarta serta Kanal Banjir Barat (KBB) dan Kanal Banjir Timur (KBT).

Sumarsono juga berencana meninjau Kali Krukut yang melewati kawasan Kemang. Kawasan itu kerap terendam banjir karena daerah aliran sungainya dipadati pemukiman dan gedung-gedung bertingkat.

"Jadi besok saya mau ngecek kesiapan kami, andaikata terjadi curah hujan tinggi, seberapa jauh proyek-proyek kami betul bisa mengantisipasi. Nanti ke titik-titik yang kritis aja, sehingga saya yakin betul bila terjadi apa-apa bisa mengendalikannya, karena sudah mendapat gambaran," kata Sumarsono.

Sumarsono juga mengapresiasi kebijakan penanggulangan banjir yang telah dilakukan oleh Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yakni dengan melakukan penertiban permukiman yang berada di bantaran kali.

"(Kebijakan) Pak Ahok selama ini sudah bagus. Nah yang bagus itu kami teruskan, yang kurang mau saya lurusin," kata Sumarsono. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru