: WIB    --   
indikator  I  

Sumarsono: Isu soal TKA China di Jakarta "hoax"

Sumarsono: Isu soal TKA China di Jakarta

JAKARTA. Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono memastikan isu di media sosial soal banyaknya tenaga kerja asing ilegal asal China di Jakarta adalah hoax. Kepastian ini dia terima langsung dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI di DKI Jakarta.

"Tidak signifikan jumlah yang ke sini yang terdaftar dan mereka yang kena kasus tidak jutaan seperti yang dibilang, itu tidak ada. Jadi, semuanya terdaftar secara legal melalui visa," ujar Sumarsono di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (18/1).

Kepala Kanwil Kemenkumham RI di DKI Jakarta, Endang, mengatakan, pelanggaran oleh tenaga kerja asing memang ada. Namun, negara asal mereka beragam, tidak hanya dari China.

TKA ilegal asal China yang berhasil diketahui oleh pihak Imigrasi hanya delapan orang. Endang mengatakan, TKA dari negara India justru paling banyak.

"Tidak seperti yang diberitakan bahwa ada kampung-kampung Tiongkok di Jakarta," ujar Endang.

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Zaeroji, mengatakan, data kedatangan warga negara asing dari Bandara Soekarno-Hatta pada 2016 adalah 6 juta orang.

Asal negara mereka juga beragam, tidak hanya dari China. Zaeroji juga mengatakan, WNA itu  tidak semuanya merupakan pekerja.

"Ada turis juga kan," ujar Zaeroji. (Jessi Carina)


SUMBER : Kompas.com
Editor Barratut Taqiyyah

KEIMIGRASIAN

Feedback   ↑ x
Close [X]