kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tekan urbanisasi, begini cara Banyuwangi

Selasa, 19 Desember 2017 / 21:04 WIB

Tekan urbanisasi, begini cara Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kedua kiri) bersama Ceo Gojek Indonesia Nadiem Makarim (kiri) meninjau stan Pesta Kuliner Go-Food di Gedung Wanita, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (15/12). Dalam kegiatan pesta kuliner yang akan berlangsung hingga Minggu (17/12) tersebut, pedagang mendapatkan kelas edukasi foto produk dan penyajian untuk mengambangkan pemasaran kuliner lokal melalui teknologi Go food. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc/17.

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengelolaan proses urbanisasi yang dilakukan secara baik akan memberi keuntungan besar bagi ekonomi Indonesia. Sebaliknya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas justru berupaya menekan urbanisasi dengan tetap membangun konektivitas dan memajukan ekonomi wilayah tersebut.

Azwar mengatakan, pemerintah kabupaten Banyuwangi menginginkan agar masyarakat Banywangi tetap bahagia tanpa harus pindah ke kota. Salah satu caranya, membuat kampung pintar melalui kerja sama dengan sejumlah pihak.

Tujuannya, menyejahterakan warga Banyuwangi, khususnya masyarakat miskin.

"Kami rekrut Go-Jek, kami paska mereka membuat layanan untuk melayani orang miskin, membuat shelter mengantar obat untuk orang miskin," kata Azwar di Hotel Shangrila, Selasa (19/12).

Azwar juga mencontohkan, Banyuwangi memiliki kampung online dengan salah satu produknya banyuwangimall.com hingga mengadakan 72 kegiatan budaya dalam satu tahun. Hal ini yang akan membuat masyarakat lebih bahagia dan menjadi daya tarik wisatawan masuk ke Banyuwangi.

"Kalau dia bahagia karena konektivitas bagus tempat tinggalnya nyaman saya kira urbanisasi bisa kami tekan," tambah dia.

Azwar juga menegaskan bahwa urbanisasi bisa ditekan bukan hanya melalui anggaran yang dikeluarkan pemerintah. Melainkan juga dengan koordinasi dan gotong-royong sesama warga di desa tersebut.

"Jadi modalnya bukan hanya uang tapi modal sosial gotong royong, rakyat ditumbuhkan supaya mereka bisa berpartisipasi tinggi. Kalau pembangunan berbasis rakyat dan partisipasinya tinggi, rakyat akan terlibat, bahagia dan akan menekan angka migrasi ke kota," ujar Azwar.

 


Reporter: Adinda Ade Mustami
Editor: Dessy Rosalina

DEMOGRAFI

Komentar
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.2949

Close [X]
×