Teman Ahok siapkan 4.000 orang tim verifikasi

Minggu, 26 Juni 2016 | 10:11 WIB Sumber: Kompas.com
Teman Ahok siapkan 4.000 orang tim verifikasi


JAKARTA. Komunitas relawan pendukung Basuki Tjahaja Purnama, "Teman Ahok", sedang menyiapkan lebih dari 4.000 relawan untuk menjadi tim verifikasi faktual KTP dukungan bagi Basuki atau Ahok.

Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Teman Ahok, Singgih Widiyastono, ketika berbincang dengan Kompas.com, Minggu (26/6) pagi.

"Kami akan siapkan tim verifikasi faktual yang jumlahnya sekitar empat ribuan orang. Kami sudah mulai rekrutmen dari sekarang," kata Singgih.

Setelah direkrut sebagai tim verifikasi faktual, ribuan orang tersebut akan disebar secara merata ke seluruh wilayah DKI Jakarta. Mereka akan dibekali pengetahuan dan kemampuan agar memahami proses verifikasi faktual.

Verifikasi faktual merupakan salah satu syarat dukungan bagi calon perseorangan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Pada Pasal 48 Undang-Undang tentang Pilkada, tertera, "jika pendukung tidak bisa ditemui dalam verifikasi dengan metode sensus, dan berhalangan hadir untuk melakukan verifikasi secara langsung ke PPS, maka dukungannya dianggap tidak sah".

Sembari mempersiapkan proses verifikasi faktual, Teman Ahok mengaku tetap menjalin komunikasi yang baik dengan tiga partai politik pendukung Basuki, yakni Partai Golkar, Nasdem, dan Hanura.

Adapun jumlah KTP warga Jakarta untuk mengusung Basuki sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta sudah terkumpul lebih dari satu juta KTP. (Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru