: WIB    --   
indikator  I  

Terbakar, St Klender butuh perbaikan seminggu

Terbakar, St Klender butuh perbaikan seminggu

JAKARTA. Stasiun Klender hingga saat ini belum dapat melayani pengguna KRL sebagai dampak dari kebakaran yang terjadi di bangunan stasiun pagi tadi, Jumat (19/5). Kebakaran pagi tadi selain merusak fisik stasiun, juga berdampak ke perangkat gate elektronik sebagai salah satu fasilitas penting dalam sistem tiket elektronik KRL. Sementara itu perangkat mesin di loket masih dapat diselamatkan.

Sebagai langkah agar Stasiun Klender dapat segera kembali melayani pengguna, KCJ akan mempersiapkan pelayanan ticketing sementara. "Di area stasiun akan dibangun hall sementara dengan dua loket dan lima gate elektronik baru untuk melayani pengguna," kata Vice Presideb Corporate Communication KCJ, Eva Chairunissa dalam keterangan resmi, Jumat (19/5).

KCJ memperkirakan pembangunan dan persiapan fasilitas pelayanan sementara ini akan memerlukan waktu selama satu pekan. Selama masa pembangunan di Stasiun Klender, pengguna yang biasa naik maupun turun di stasiun tersebut dapat menggunakan Stasiun Buaran dan Stasiun Jatinegara sebagai alternatif. Di kedua stasiun tersebut PT KCJ telah menyiapkan petugas pelayanan dan pengamanan tambaban untuk antisipasi peralihan pengguna dari Stasiun Klender.

Mengingat kapasitas kedua stasiun tersebut sementara akan bertambah, Eva mengimbau para pengguna untuk selalu mengutamakan keselamatan. Pengguna diharapkan tidak memaksakan diri untuk naik apabila KRL telah penuh.

KCJ juga kembali menginformasikan bagi para pengguna di lintas Bekasi - Manggarai yang hari ini tidak jadi menggunakan KRL dan membatalkan perjalanan, bisa mengurus pengembalian tiket di loket-loket stasiun hingga hari Senin 22 Mei 2017. "Para pengguna yang hari ini maupun akhir pekan nanti masih memiliki waktu untuk melakukan dapat mengurus hal ini di loket selama tiga hari ke depan," kata dia. 

Suprapto, Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa api mulai terlihat di ruangan gudang Stasiun Klender pada jam 07:15 WIB. Para petugas di Stasiun Klender mencoba untuk memadamkan, namun api semakin membesar dan merembet ke bangunan stasiun. Selanjutnya para petugas kebakaran datang ke lokasi, dan api sudah bisa dipadamkan pada pukul 08:05 WIB.

Akibat kebakaran ini, sejumlah perjalanan kereta api baik perjalanan KRL maupun KA Menengah/Jarak Jauh tertahan dibeberapa stasiun seperti Stasiun Jatinegara, Stasiun Cakung dan Stasiun Bekasi.

Kebakaran menyebabkan seluruh bangunan Stasiun Klender terbakar, termasuk di antaranya ruangan pengantur perjalanan ka dan loket.
Pada pukul 08:55 WIB, melalui mekanisme pengaturan perjalanan secara manual di Stasiun Klender, kereta api jarak lokal/ menengah/jauh dan KRL sdh bisa melintas.


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Rizki Caturini

BISNIS TRANSPORTASI

Feedback   ↑ x
Close [X]