Terimbas longsor, jalur mudik Jember macet total

Minggu, 25 Juni 2017 | 05:49 WIB Sumber: Antara
Terimbas longsor, jalur mudik Jember macet total


JEMBER. Jalur mudik Gumitir di Desa Garahan yang menghubungan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi macet total sejak Sabtu (24/6) malam hingga Minggu dini hari akibat tanah longsor dan sebuah pohon besar tumbang di tengah jalan.

"Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jember menyebabkan tebing di jalur Gumitir longsor dan sebuah pohon besar tumbang karena akarnya tergerus longsor. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Djoko Santoso saat ditemui di lokasi kejadian, Minggu dini hari (25/6).

Tebing setinggi 10 meter longsor di Kilometer (KM) 35 dan KM 36 jalur Gumitir dengan lebar longsoran 5 meter yang menutupi badan jalan sehingga tidak bisa dilalui oleh pemudik dari arah Kabupaten Jember menuju Banyuwangi atau sebaliknya.

"Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), aparat kepolisian, dan TNI bersama sukarelawan membersihkan longsoran tersebut dan menepikan pohon yang tumbang. Sementara itu, arus lalu lintas dibuka tutup untuk satu jalur saja," tuturnya.

Menurut dia, ada tiga titik longsor yang terjadi di jalur Gumitir sehingga petugas harus bekerja ekstra untuk membersihkan longsoran dan memotong pohon tumbang agar pemudik bisa melintasi jalur yang menghubungkan Kabupaten Banyuwangi dengan Jember itu.

"Sepanjang jalur Gumitir memang rawan longsor karena kemiringan tanahnya dan kondisi tanah sangat labil. Ketika hujan deras mengguyur kawasan setempat, potensi tanah longsor cukup tinggi," katanya.

Sementara itu, Kanit Kecelakaan Polsek Sempolan Ipda Hariyanto mengatakan bahwa tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB.

"Saat terjadi longsor, jalur Gumitir lumpuh total karena tidak bisa dilewati dan arus lalu lintas sempat dibuka satu arah setelah sebagian longsoran dibersihkan oleh petugas di lapangan," katanya.

Ia mengimbau para pemudik untuk berhati-hati saat melintas di jalur Gumitir ketika hujan deras karena sepanjang jalur tersebut rawan longsor dan pohon tumbang.

Informasi yang dihimpun di lapangan, longsor tersebut menyebabkan kemacetan lebih dari 10 kilometer dari arah Kabupaten Jember selama 9 jam sehingga banyak sopir kendaraan besar yang keluar dari kendaraan untuk bersantai sambil menunggu pembersihan longsor selesai.

Pihak BPBD mendatangkan alat berat untuk membersihkan longsor pada Minggu dini hari sehingga jalur Gumitir kembali lumpuh total karena kendaraan pemudik belum bisa melewati jalur tersebut hingga pembersihan lumpur selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru