Tindak lanjuti demo sopir angkot Tanah Abang, Kadishub bentuk tim kecil

Senin, 22 Januari 2018 | 14:42 WIB Sumber: Kompas.com
Tindak lanjuti demo sopir angkot Tanah Abang, Kadishub bentuk tim kecil

ILUSTRASI. PKL Jatibaru Tanah Abang


DKI JAKARTA - JAKARTA. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah akan membentuk tim kecil dalam menindaklanjuti demonstrasi yang digelar sopir angkot di depan Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/1).

Tim kecil itu berasal dari pihak Dishub DKI dan operator-operator angkot yang beroperasi di wilayah Tanah Abang. Rencana pembentukan tim kecil ini diputuskan setelah Andri menemui perwakilan sopir angkot yang berunjuk rasa.

Menurut dia, dalam pertemuan itu, pihak Dishub dan sopir angkot membahas sejumlah tuntutan yang disampaikan para sopir. "Salah satu yang dikeluhkan adalah masih banyaknya armada yang tidak sesuai dengan izin yang dikeluarkan. Jadi izin yang dikekuarkan katalanlah dua ratus, tetapi yang operasional 100 sampai 300," ujar Andri di Lantai 15 Blok H, Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

Ia juga menyampaikan, nantinya tim kecil yang dibentuk akan mendata kelebihan unit angkot beroperasi seperti yang dikeluhkan para sopir tersebut.

"Untuk hal itu kami sepakat nih besok jam 9 (pagi) akan membuat tim kecil yang terdiri dari dinas perhubungan, dari operator (angkot) M 03, M 08, M 09 dan M 010. Jadi kita betul-betul membandingkan data jumlah armada yang diizinkan beroperasi," papar Andri.

Menurut Andri, kelebihan unit angkot yang beroperasi tersebut menjadi penyebab menurunya omzet para sopir angkot selain perubahan trayek angkot dan pengoperasian bus transjakarta "Tanah Abang Explorer".

"Mengenai perubahan trayek angkot, nanti juga akan kita bahas sama-sama trayek mana saja yang bisa dimungkinkan untuk dilakukan modifikasi," ujar Andri.

Koordinator aksi demo para sopir angkot, Darmono, menyampaikan, salah satu alasan sopir angkot menggelar demo di Balai Kota yakni penurunan omzet sebesar 50%.

Menurut mereka, penurunan omzet tersebut merupakan imbas penataan kawasan Tanah Abang oleh Pemprov DKI. Ia pun meminta Pemprov DKI Jakarta mengembalikan jalur angkot seperti sedia kala. (Sherly Puspita) 

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Tindak Lanjuti Demo Sopir Angkot Tanah Abang, Kadishub Bentuk Tim Kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru