Tips seorang pejabat Kemenag bisa sembuh dari virus corona

Senin, 11 Mei 2020 | 10:12 WIB Sumber: Kompas.com
Tips seorang pejabat Kemenag bisa sembuh dari virus corona

ILUSTRASI. Pasien virus corona yang mendapat bantuan alat bantu pernafasan Ventilator.


VIRUS CORONA -  MALANG. Seorang pejabat Kemenag di Kabupaten Malang, berinisial M, sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sebelumnya, M terkonfirmasi positif corona setelah mengikuti pelatihan haji di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya.

M dinyatakan sembuh pada Jumat (8/5/2020) setelah tes swabnya menunjukkan hasil negatif. "Alhamdulillah, terima kasih banyak atas bantuan doanya (kesembuhan)," kata M, melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Minggu (10/5/2020).

Baca Juga: Maskapai tertua kedua di dunia, Avianca ajukan kebangkrutan akibat wabah corona

M termasuk pasien yang tidak memiliki gejala. Sejak terkonfirmasi positif corona pada 23 April 2020 lalu, M hanya menjalani isolasi mandiri di rumah. Dia mengaku tidak pernah menjalani perawatan di rumah sakit akibat Covid-19 yang dideritanya.

"Tidak pernah dirawat di rumah sakit," kata dia.

M yang tercatat sebagai pasien Covid-19 di Kota Malang menyebutkan tiga faktor yang mendorongnya sembuh dari Covid-19. Yakni mematuhi protokol kesehatan, mengonsumsi makanan yang bergizi dan tidak panik.

"Tipsnya, pertama patuhi protokol kesehatan, kedua konsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin, ketiga tenangkan hati dan tidak mudah galau," ujar dia.

Karena itu, M mengaku optimistis akan sembuh melalui upayanya itu. 

Baca Juga: Jepang susun anggaran ekstra kedua untuk memerangi dampak wabah corona

"Jadi, selama menjalani isolasi mandiri saya merasa yakin segera negatif dengan tiga tips tersebut dengan disertai doa kepada Allah SWT dan melaksanakan ibadah di rumah dengan maksimal," terang dia.

M bersyukur tidak ada keluarganya yang ikut terjangkit virus tersebut. M masuk dalam daftar penderita Covid-19 Kota Malang karena domisilinya di Kota Malang, meski menjabat sebagai pejabat Kemenag di Kabupaten Malang. (Kontributor Malang, Andi Hartik)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pejabat Kemenag Ini Sembuh dari Corona, Tipsnya Tidak Mudah Galau",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru