Tol Bocimi belum bisa digunakan untuk mudik

Jumat, 19 Mei 2017 | 16:28 WIB Sumber: Antara
Tol Bocimi belum bisa digunakan untuk mudik


BANDUNG. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) diperkirakan belum dapat digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2017. Pasalnya, masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan.

"Hingga Mei 2017, progres pembangunan fisik seksi satu Tol Bocimi dari Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km baru mencapai 36,11%. Sementara pengadaan lahan telah mencapai 95%," kata Iwa di Bandung, Jumat (19/5).

Ia menuturkan, dari kebutuhan 1,69 juta meter persegi sampai 15 Mei 2017, baru mencapai sekitar 1,6 juta meter persegi, dan direncanakan seksi satu bisa selesai pada Desember 2017.

Iwa bilang, beberapa waktu lalu langsung memantau progres pembangunan proyek tersebut dan dari laporan yang diterima ternyata ada sejumlah kendala yang menyebabkan proyek Tol Bocimi sulit dikebut.

Salah satunya, kata Iwa, terkendala hujan yang menyebabkan pengerjaan timbunan tanah tidak maksimal. "Jadi kendala percepatan pembangunan pertama ada curah hujan. Dari Juni 2016 hingga April 2017 per tahunnya mencapai 70%. Di mana dari 458 hari, turun hujannya 255 hari. Ini mengakibatkan timbunan tanah baru mencapai 40%," paparnya.

Selain itu, lanjut Iwa, masalah lainnya terkait pengadaan lahan, khusus pembebasan tanah wakaf Masjid Al-mukmin yang belum mencapai kesepakatan dan ada beberapa lahan milik warga yang sedang tahap konsinasi di pengadilan.

"Kalau melihat kondisi tersebut, kami memperkirakan Tol Bocimi belum bisa digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini. Untuk seksi satu kan insya allah Desember 2017. Kalau dari Ciawi-Lido baru bisa selesai akhir Maret 2018," ujar Iwa.

(Ajat Sudrajat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru