Usai panasnya Pilgub DKI, PBNU minta rekonsiliasi

Rabu, 19 April 2017 | 17:20 WIB Sumber: Kompas.com
Usai panasnya Pilgub DKI, PBNU minta rekonsiliasi


JAKARTA. Sejumlah permasalahan antar pendukung yang terjadi selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah / Pilkada DKI Jakarta 2017 , tidak boleh dipertahankan.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siraj, menyarankan agar digelar rekonsiliasi nasional sehingga semua hubungan yang retak bisa kembali normal.

"Caranya segera melakukan rekonsiliasi silaturahmi nasional, secara formal dan informal," ujarnya kepada wartawan, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Ia mengingatkan bahwa walaupun dukungannya berbeda, setiap pemilih di Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran dua adalah bersaudara, satu bangsa dan satu negara. "Semua orang sama, semua punya hak yang sama, kewajiban yang sama," terangnya.

Rekonsiliasi juga harus dipelopori oleh para kandidat, Said Aqil Siraj menyebut salah satunya hal itu bisa dilakukan dengan cara menerima hasil pencoblosan hari ini dengan baik.

"Yang menang jangan meremehkan (yang kalah), yang kalah jangan dendam. Siapapun yang menang, itu adalah pilihan rakyat," jelas Said.

(Nurmulia Rekso Purnomo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru