Wagub Sandi: Pemprov berhasil jinakkan harga pangan saat Lebaran

Selasa, 19 Juni 2018 | 13:28 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Wagub Sandi: Pemprov berhasil jinakkan harga pangan saat Lebaran

ILUSTRASI. Sandiaga Uno


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melakukan rapat dengan berbagai stakeholder yang berperan dalam pengendalian harga pasar di Jakarta saat Lebaran.

Rapat hari ini, Selasa (19/6), dihadiri Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, Dirut PD Darma Jaya Johan Romadhon, Dirut Food Satation Arief Prasetyo dan Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta Sri Haryati.

Dalam rapat, Sandiaga menyatakan keberhasilan Pemprov DKI mengendalikan harga kebutuhan pokok selama Hari Raya. Menurutnya, kerja keras selama delapan bulan membangun ekonomi di Jakarta mulai membuahkan hasil. Hal tu terlihat dari harga pasar yang tidak bergejolak.

"Kita lihat kemarin, alhamdulillah di beberapa titik yang saya kunjungi sebelum Lebaran maupun sesudah Lebaran menunjukkan hasil yang bisa jauh lebih baik dari prediksi kita, baik dari segi pertumbuhan, yang tentu angka real," kata Sandi.

Menurutnya, beberapa tempat yang ia kunjungi, seperti Jakarta Fair, Ancol dan Ragunan terlihat geliat ekonominya. Ini terlihat dari minat, jumlah dan transaksi yang terjadi di titik-titik tersebut.

Selain itu, Sandi juga membahas pengendalian inflasi yang saat ini dinilai naik dibandingkan tahun lalu, namun tetap berada di posisi yang stabil. 

Tahun ini, Sandi berupaya mematahkan mitos harga naik saat Lebaran yang selalu terjadi. Menurutnya, ia berupaya menekan harga agar stabil dan terbukti berhasil. "Di tahun sebelumnya bahwa opsi yang menjadi mitos pertama Lebaran itu adalah harga selalu akan bergejolak dan cenderung meningkat secara tajam di hari menjelang Lebaran. Kita ingin mematahkan mitos tersebut," ujarnya.

Menurut Sandi percuma jika pertumbuhan ekonomi dan penghasilan meningkat, tapi harga juga melonjak. Ia berharap agar daya beli masyarakat harus dijaga dengan memastikan pengeluaran terkendali .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru