Waspadai gelombang tinggi hingga 4 meter di Parairan Sulut dan laut Maluku

Senin, 15 Juli 2019 | 22:42 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Waspadai gelombang tinggi hingga 4 meter di Parairan Sulut dan laut Maluku


CUACA EKSTREM -  MANADO. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di peraIran Sulawesi Utara dan laut Maluku.

BMKG mencatat, ada empat wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter. Lokasinya antara lain di perairan Kepulauan Sitaro, Sangihe, Talaud, dan laut Maluku bagian utara. Gelombang tinggi ini akan berlangsung, Selasa (16/7).

"Hal ini dipicu oleh adanya depresi tropis di sebelah timur Filipina sehingga mengakibatkan angin kencang dan gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Utara," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky Daniel Aror, dalam keterangan kepada Kompas.com, Senin (15/7) malam.

Berdasarkan pantauan terakhir Senin ini, tekanan di pusat sirkulasi sebesar 1.000 mb dan kecepatan angin 30 hingga 45 knot. Jika tekanan udara terus menurun dan kecepatan angin meningkat, ada peluang depresi tropis tersebut dinaikan statusnya menjadi badai tropis.

"Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena sistem depresi tropis ini diprakirakan bergerak ke barat-barat laut menjauhi wilayah Indonesia," imbau dia.

BMKG, kata dia, akan terus memantau dan memberikan informasi terkini jika ada perubahan cuaca secara signifikan. Sejauh ini, kondisi angin dan gelombang di perairan sekitar Sulut diprakirakan akan berangsur menurun setelah tanggal 16 Juli 2019. (Skivo Marcelino Mandey)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada, Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Perairan Sulut dan Laut Maluku"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru