Zona merah corona di Indonesia naik jadi 70, lonjakan dari Lampung, Jawa Barat, Bali

Kamis, 14 Januari 2021 | 12:35 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Zona merah corona di Indonesia naik jadi 70, lonjakan dari Lampung, Jawa Barat, Bali


COVID-19 - Jakarta. Jumlah zona merah corona di Indonesia kembali meningkat pada pekan kedua 2021. Sumbangan zona merah corona antara lain dari Jawa Barat, Lampung, Bali, Banten dan Jawa Timur.

Melansir laman Covid19.go.id, per 10 Januari 2021 ada 70 wilayah yang termasuk zona merah corona. Zona merah corona adalah daerah dengan penularan Covid-19 tinggi. Pekan sebelumnya, hanya ada 54 zona merah corona di Indonesia.

Sementara hingga Rabu (13/1) ada tambahan 11.278 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia dan merupakan penambahan terbanyak. Sehingga total menjadi 858.043 kasus positif corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 7.657 orang sehingga menjadi sebanyak 703.464 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 306 orang, merupakan rekor tertinggi selama ini.  Sehingga total kasus meninggal menjadi sebanyak 24.951 orang.

Baca juga: Simak penjelasan WHO tentang mutasi virus corona yang diperkirakan lebih mematikan

Berdasarkan peta risiko Covid-19 per 10 Januari 2021, zona merah terbanyak masih berada di Jawa Tengah yang mencapai 9 wilayah, sama seperti pekan sebelumnya. DKI Jakarta yang selama sepekan terakhir mencatat lonjakan kasus corona juga menambah zona merah corona.

Kini ada empat daerah di Jakarta yang menjadi zona merah corona. Semua wilayah Jakarta, selain Kepulauan Seribu termasuk zona merah corona.

Sedangkan peningkatan zona merah corona yang banyak antara lain dari Jawa Barat, Lampung, dan Bali yang masing-masing ada 6 wilayah.

Berikut daftar zona merah corona di Indonesia berdasarkan data terbaru, 10 Januari 2021:

Zona merah corona di Sumatera Selatan

  • Kota Palembang

Zona merah corona di Sulawesi Utara

  • Kota Manado   
  • Minahasa Utara
  • Minahasa Tenggara

Zona merah corona di Sulawesi Tenggara

  • Kolaka Utara
  • Kota Bau Bau

 

Simak daftar zona merah corona lainnya di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru