10 Keahlian paling dibutuhkan di dunia kerja 2025, pekerja perlu tahu!

Kamis, 29 Oktober 2020 | 10:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
10 Keahlian paling dibutuhkan di dunia kerja 2025, pekerja perlu tahu!


MENCARI KERJA -  Ada beragam skill yang dibutuhkan seseorang untuk bertahan di dunia kerja. Perusahaan cenderung mencari kandidat yang memiliki soft skill dan hard skill yang baik. 

Dua kemampuan ini saling melengkapi dan penting untuk eksistensi karyawan dan perusahaan.

Soft skill, dikutip dari The Balance Careers, merupakan kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja. 

Kemampuan ini melibatkan bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga memanajemen pekerjaan. 

Sedangkan hard skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan suatu pekerjaan tertentu. Kemampuan ini biasanya didapat melalui pelatihan dan pengalaman di pekerjaan tertentu. 

skill yang dibutuhkan di dunia kerja

Pembaharuan skill

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga ikut berkembang. Selain teknologi, manusia juga perlu mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal. 

Melansir dari World Economic Forum (WEF) (21/10/2020), sebagian besar karyawan perusahaan perlu memperbaharui kemampuan mereka. 

Baca Juga: 5 Cara jitu agar sukses menghadapi interview online

Hal ini dilakukan agar mereka bisa bersaing hingga tahun-tahun berikutnya.  Di tahun 2025, melalui penelitian dari WEF, diperkirakan ada 85 juta pekerjaan bisa dikerjakan baik manusia dan mesin. 

Akan ada sistem pergantian shift antara manusia dan mesin pada pekerjaan tersebut. Karenanya, penting untuk karyawan agar terus meningkatkan kemampuan mereka agar tidak kalah dengan teknologi. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru