2018, Ahok ingin semua puskesmas DKI terakreditasi

Selasa, 02 Agustus 2016 | 21:45 WIB Sumber: Kompas.com
2018, Ahok ingin semua puskesmas DKI terakreditasi


Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan seluruh puskesmas kelurahan, puskesmas kecamatan, dan rumah sakit umum kecamatan (RSUK) dapat terakreditasi pada 2018. Ia menyampaikan hal itu saat penerimaan sertifikat akreditasi dari Kementerian Kesehatan kepada 13 puskesmas kecamatan dan 12 RSUK, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/8/2016).

"Kalau lihat dari pembangunannya mungkin bisa total semua terakreditasi 2018," kata pria yang biasa disapa Ahok itu.

Saat ini, di seluruh Jakarta terdapat 305 puskesmas kelurahan, 44 puskesmas kecamatan, dan 20 RSUK. Adapun 13 puskesmas kecamatan yang mendapat akreditasi adalah Puskesmas Senen, Gambir, Menteng, Kebon Jeruk, Tambora, Kelapa Gading, Penjaringan, Cilincing, Cilandak, Setiabudi, Pasar Minggu, Pasar Rebo, dan Cakung.

Lalu, 12 RSUK yang mendapatkan akreditasi adalah RSUK Johar Baru, Kemayoran, Cempaka Putih, Sawah Besar, Kalideres, Kembangan, Koja, Mampang Prapatan, Tebet, Jagakarsa, Ciracas, dan Kramat Jati.

Menurut Ahok, tujuan akreditasi adalah untuk meningkatkan mutu dan kinerja pelayanan. Dari survei yang dilakukan, Ahok menyatakan cukup puas dengan pelayanan kesehatan di Jakarta saat ini. "Karena dari survei, 70%-80% masyarakat menyatakan puas," ujar dia.

Ke depannya, Ahok menyatakan pelayanan kesehatan di puskesmas dan RSUK akan terus ditingkatkan. Di antaranya adalah dengan mempercepat proses pendaftaran.

"Kami juga tekankan pas berobat petugas harus nanya ke pasien sudah dapat BPJS belum. Kalau belum langsung kami terbitkan PBI (penerima bantuan iuran), supaya langsung bisa pakai," ujar Ahok.

(Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Berita Terkait


Terbaru